Wongso Yudi Dharma
Wongso Yudi Dharma

Konsultan kesehatan independen yang gemar blogging

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ragam Jenis Obat Herbal Penyakit Kanker Darah Leukimia

18 Januari 2016   09:20 Diperbarui: 31 Mei 2018   14:17 371 1 0

Leukemia adalah jenis kanker yang mempengaruhi pembuluh darah Anda, seperti sistem limfatik dan sumsum tulang. Gejalanya meliputi demam atau menggigil, penurunan berat badan, kelelahan, mudah berdarah, bintik-bintik merah pada kulit, nyeri tulang dan berkeringat. Pengobatan medis umumnya meliputi kemoterapi, terapi radiasi dan transplantasi sel induk. Obat herbal kanker darah tertentu juga dapat membantu mengobati penyakit leukemia. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan herbal apapun. Selain itu, pengobatan dengan obat herbal bertujuan bukan sebagai pengganti pengobatan medis.

Silymarin (Milk thistle)
Silymarin atau Milk thistle adalah ramuan herbal yang berasal dari wilayah Mediterania. Ramuan ini umumnya digunakan untuk mengobati penyakit hati, dan juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan jenis kanker tertentu. Menurut Cancer Institute, ramuan ini juga sedang dipelajari untuk manfaatnya pada pasien dengan leukemia dan kerusakan kemoterapi-yang berkaitan dengan hati.

Ginseng Merah Korea

Ginseng Merah Korea adalah obat herbal yang mungkin bermanfaat dalam mengobati leukemia. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology 2008 meneliti bagaimana ramuan ini dapat menghambat aktivitas telomerase dan menyebabkan apoptosis pada sel-sel kanker darah, sehingga bisa menghambat perkembangan sel kanker darah. Menurut temuan mereka, ramuan ini mungkin bermanfaat jika Anda memiliki leukemia.

Kunyit

Gangguan mieloproliferatif adalah kelompok kondisi yang menyebabkan sel-sel darah normal tumbuh di dalam pembuluh darah. Salah satu kondisi ini adalah myelogenous leukemia kronis ( CML ), jenis leukemia di mana sumsum tulang mensintesis sel darah putih abnormal dalam sumsum tulang Anda. Beberapa tumbuhan dapat digunakan untuk gangguan ini untuk membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh Anda. Salah satu obat herbal yang dapat digunakan adalah kunyit. University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa dosis 300 mg, tiga kali / hari, dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan gejala leukemia.

Daun Zaitun

Obat Herbal Kanker Darah / Leukimia lain yang dapat digunakan dalam pengobatan leukemia adalah daun zaitun, juga disebut Olea europaea. The UMMC mengatakan bahwa ekstrak 250 sampai 500 mg daun zaitun, selama satu sampai tiga kali sehari, dapat menawarkan efek anti-kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh pasien. Dengan meningkatkan kekuatan kekebalan tubuh Anda, Anda mungkin akan lebih mampu melawan infeksi dan penyakit atau gejala lain dari leukemia.

Tapak Dara

Tapak Dara (Catharanthus Roseus) sering kita jadikan sebagai tanaman hias, Tapak Dara yang kita kenal memiliki dua jenis yaitu Tapak Dara berwarna putih dan yang berwarna merah, sebenarnya tumbuhan ini termasuk kedalam tanaman liar yang tumbuh di padang rumput atau di pedesaan yang memiliki iklim tropis.

Caranya Membuat Ramuan Herbal Kanker Darah : Siapkan 20-25 gram daun Tapak Dara kering dan adas pulawaras. Cara membuatnya direbus dengan 1 liter air lalu disaring. Cara menggunakannya: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Selain mengobati Leukemia , Tapak Dara juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti: Diabetes Melitus, Hipertensi (tekanan darah tinggi), asma, bronkhitis, demam, radang perut, disentri, kurang darah, tangan gemetar, gondong, bengkak, bisul dan borok, luka bakar, luka baru, dll.

Daun Sirsak

Daun sirsak saat ini sedang booming dan bisa menjadi salah satu kebanggaan bangsa Indonesia. Para peneliti dari berbagai penjuru dunia berhasil mengungkapkan bahwa di dalam daun sirsak terkandung suatu senyawa yang bisa menumpas berbagai jenis kanker, termasuk kanker darah.

Rahasianya adalah senyawa acetogenins yang bisa memicu apoptosis pada sel kanker darah. Yakni memicu sel kanker untuk bunuh diri secara terprogram. Dengan banyak sel kanker yang mengalami apoptosis, tentu bisa menghambat perkembangan sel kanker dan menahan agar sel kanker tidak menyebar.

Namun para ahli tidak menyarankan menggunakan satu jenis obat herbal untuk menumpas sel kanker, oleh karenanya daun sirsak bisa dikombinasikan dengan obat herbal leukimia lainnya, untuk menambah kekuatan untuk menumpas sel kanker.