Mohon tunggu...
Griya Yatim
Griya Yatim Mohon Tunggu... Lembaga Amil Zakat Nasional

Menjembatani Kepedulian Para Dermawan Kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa di 39 Cabang, 13 Provinsi diseluruh Indonesia. Ayo Berbagi Keceriaan di Sini ↓ berbagi.link/griyayatim

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Nikmatnya Bersedekah

28 Januari 2021   10:21 Diperbarui: 28 Januari 2021   10:36 52 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nikmatnya Bersedekah
dok. Griya Yatim & Dhuafa

Griya Yatim & Dhuafa -- Sahabat Dermawan, tahukah orang yang diberi nikmat kelak di hari kiamat? Sungguh beruntung orang yang diberi nikmat bersedekah, bahkan sedekahnya kelak di Yaumil akhir bisa menjadi pelindung baginya dari api neraka. Sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Barang siapa yang bisa berlindung dari api neraka walaupun hanya dengan bersedekah separuh kurma, maka hendaklah dia melakukannya."(HR. Bukhari dan Muslim)

Bersedekah sendiri merupakan salah satu usaha untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Maka tidak pantas jika manusia tidak mensyukuri nikmat tersebut, tidak mengkufurinya. Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman : "...dan bersyukur lah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku," (QS. Al-Baqarah : 152).

dok. Griya Yatim & Dhuafa
dok. Griya Yatim & Dhuafa
"Dan ingatlah, tatkala Rabbmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," (QS. Ibrahim : 7). Maka ketika seseorang melakukan sedekah, mereka akan dijamin akan mendapatkan berbagai kenikmatan yang berapa keutamaan, antara lain :

Dilipat Gandakan Setiap Pahalanya

"Perumpamaan (nafkah) yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menubuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah, akan melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia Kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi maha Mengetahui," (QS. Al-Baqarah : 261).

Allah Akan Memberikan Keberkahan Di Hartanya

"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa," (QS. Al-Baqarah : 276). Di dalam ayat tersebut ada kata"Menyuburkan Sedekah" yang artinya Allah akan memperkembangkan (melipat gandakan) setiap harta yang dikeluarkan di jalan-Nya dengan keberkahan di dalam kehidupannya.

Pahala Yang Akan Terus Mengalir

Sedekah adalah amalan yang sangat Allah cintai, namun sedekah memberikan pahala yang tidak akan pernah putus, meskipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia. Sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputus lah semua amalan kecuali tiga perkara : Sedekah jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya," (HR. Muslim).

Sahabat, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajari kita bahwa amalan tidak dinilai dari besar atau kecilnya, sedikit atau banyaknya. Jadi, jangan pernah meremehkan kebaikan sekecil apapun, karena kita tidak tahu dengan kebaikan yang mana Allah akan memasukan kita kedalam surgaNya. Yuk bersedekah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x