Mohon tunggu...
Greg Satria
Greg Satria Mohon Tunggu... Wiraswasta - FOOTBALL ENTHUSIAST

Learn Anything, Expect Nothing

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Fantastic Foden Antar City Raih Gelar Premier League ke-10!

20 Mei 2024   01:46 Diperbarui: 20 Mei 2024   13:05 726
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rodri merayakan gol ketiga City bersama Phil Foden pada laga melawan West Ham, 19 Mei 2024.(AFP/OLI SCARFF via Kompas.com)

Tidak ada drama yang tersaji pada pekan terakhir EPL matchday-38. Baik Manchester City maupun Arsenal sama-sama memetik kemenangan atas lawannya. 

Hasil ini menegaskan kedigdayaan Citizen lewat gelar ke-10, sekaligus keempat secara beruntun. Kemenangan City pun melegitimasi status Pemain Terbaik EPL musim 2023/2024 kepada "Fantastic" Phil Foden!

Gelar pemain terbaik Liga Inggris (Player of the Season) resmi diberikan kepada Phil Foden pada Sabtu (18/5/2024). Gelar ini sekaligus mempertegas dominasi City di Liga Inggris musim ini. Karena selain juara, para pemain dan "mantan"nya meraup gelar individual.

Erling Haaland meraih gelar topskorer lewat 27 golnya, berikut Cole Palmer eks-City yang kini berkostum Chelsea, meraih Young Player of the Season.

Senin (20/5/2024) dini hari WIB tadi, Manchester City sukses taklukkan West Ham 3-1 di Etihad Stadium. Brace (dua gol) dari Phil Foden sempat diperkecil tendangan akrobatik Mohammed Kudus di babak pertama. Namun, Rodri melengkapi pesta juara timnya lewat gol pada menit ke-59'.


Sementara di London, Emirates Stadium sempat dibuat deg-degan kala timnya hampir bermain imbang melawan Everton. The Toffees membuka skor melalui freekick Idrissa Gueye menit 40', sebelum sukses disamakan Takehiro Tomiyasu tiga menit berselang. Kai Havertz akhirnya bisa menjadi penentu kemenangan "hampa" Arsenal di menit 89'. Skor akhir Arsenal 2, Everton 1.

Citizen menutup musim dengan perolehan 91 poin, unggul dua angka dari The Gunners yang kembali menempati urutan kedua seperti musim lalu. 

Sementara Liverpool yang akan ditinggal Jurgen Klopp akhir musim ini, sukses memperbaiki prestasi musim lalu dengan menduduki rank 3. Aston Villa, meski kalah telak 0-5 atas Crystal Palace di laga terakhir, sudah memastikan diri lolos ke Champions League musim depan sebagai peringkat ke-4.

Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Newcastle United berada di bawahnya, dengan tiket Europa League sudah pasti dalam genggaman Spurs. Chelsea dan Newcastle akan menunggu hasil Final FA Cup antara City vs Manchester United, guna menentukan siapa yang lolos ke Europa League dan Conference League.

Jika City menjadi kampiun FA Cup, maka tiket Europa League menjadi milik The Blues dan jatah Conference League menjadi hak Newcastle. Namun jika United juara, maka Setan Merah-lah yang mendampingi Spurs di gelaran Europa League musim depan. Chelsea otomatis turun pangkat ke Conference League, sementara The Magpies hanya akan gigit jari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun