Mohon tunggu...
Greg Satria
Greg Satria Mohon Tunggu... Wiraswasta - FOOTBALL ENTHUSIAST

Learn Anything, Expect Nothing

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Garuda Muda Luar Biasa! Taklukkan Australia Bukti Kita Sudah Naik Kelas!

18 April 2024   22:54 Diperbarui: 19 April 2024   02:35 1038
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Timnas Indonesia U23 rayakan gol tunggal Komang Teguh (nomor 4) di laga melawan Australia. (Sumber: Dok PSSI via Kompas.com)

Usai kekalahan kontroversial melawan Qatar, plus dihukumnya dua pemain dengan kartu merah, Timnas Indonesia U-23 secara luar biasa kalahkan Australia 1-0 pada matchday 2 fase grup Piala Asia U-23 2024! Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Timnas sudah jauh naik kelas. 

Ernando Ari dan Komang Teguh menjadi protagonis di laga yang berlangsung Kamis (18/4/2024) malam. Ernando tampil prima sepanjang 90' menit dengan gagalkan lima upaya shoot-on-goal Olyroos, termasuk satu tembakan penalti Mohamed Toure di babak pertama. Komang Teguh meski hanya main 80' menit karena cedera otot, sukses menjadi pencetak gol tunggal di menit 45'.

Kemenangan adalah harga mati bagi Garuda Muda usai tanpa poin di laga pertama. Ternyata pada pertandingan yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium bisa dijawab dengan sempura oleh skuad asuhan Coach Shin Tae-yong (STY).

Kejutan diberikan Coach STY dengan menurunkan banyak pemain bertipe menyerang di sisi sayap. Tampaknya ia ingin membuat Australia keder lewat pergerakan kaki-kaki cepat Garuda Muda.

Menggunakan formasi 3-4-2-1, Ernando Ari tetap menjadi pilihan di bawah mistar gawang. Trio pertahanan tidak berubah, yakni Muhammad Ferrari, Rizky Ridho dan Komang Teguh. Wingback kiri ditempati Pratama Arhan, sedangkan pilihan di kanan adalah Fajar Fathurahman. 


Nathan Tjoe-A-On menjadi pengganti Ivar Jenner di lini tengah, berduet dengan Marselino Ferdinan yang menjalankan fungsi box-to-box. Witan Sulaeman, Rafael Struick dan Jeam Kelly Sroyer menjadi penyerang sekaligus pembombardir pertahanan Australia lewat kecepatannya.

Terkhusus Justin Hubner yang baru tiba Kamis (18/4/2024) pagi waktu Qatar, kondisi fisiknya masih belum memungkinkan main sejak awal sehingga hanya turun di 20' menit terakhir. 

Sementara Olyroos, julukan Australia U-23, mengubah duo penyerangnya. Pelatih Tony Vidmar menduetkan penyerang Paris FC, Mohamed Toure dengan Nishan Velupillay, alih-alih memainkan Alou Kuol sejak awal. 

Wasit yang bertugas adalah Majed Al Shamrani asal Arab Saudi, dia pernah memimpin laga Final SEA Games 2019, yang mana laga tersebut dimenangkan Vietnam atas Timnas Indonesia.

Jalannya Pertandingan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun