Mohon tunggu...
Greg Satria
Greg Satria Mohon Tunggu... Wiraswasta - FOOTBALL ENTHUSIAST

Learn Anything, Expect Nothing

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kane-dependencia Meresahkan Timnas Inggris Jelang Euro 2024

28 Maret 2024   09:57 Diperbarui: 29 Maret 2024   07:58 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Harry Kane berselebrasi seusai mencetak gol dalam laga antara Inggris vs Italia (17/10/23). (Sumber: GLYN KIRK/AFP ia kompas.com)

Dua laga persahabatan yang digelar Timnas Inggris di Wembley, melawan Brasil (24/3/2024) dan Belgia (27/3/2024) memaparkan jelas ketergantungan mereka pada sosok Harry Kane. Kane-dependencia ini ternyata meresahkan Gareth Southgate sebelum Euro 2024 bergulir Juni nanti.

Di laga Bayern Munchen kontra Darmstadt, Sabtu (16/3/2024) lalu, Harry Kane yang mencetak satu gol dalam kemenangan 5-2 Die Roten harus diganti pada menit 82' karena cedera. Hendak menyelesaikan peluang di depan gawang, kakinya terbentur keras pada tiang dan engkel kirinya divonis alami masalah.

Pada awalnya ia masih memenuhi panggilan dari Timnas Inggris untuk partai persahabatan melawan Brasil dan Belgia. Namun usai dicek ulang oleh tim medis, ia ternyata harus melewatkan dua laga tersebut dan kembali ke Munich. 

Garteh Southgate-pun memutar otaknya untuk menentukan siapa pengganti Kane di posisi ujung tombak The Three Lions. Pada laga melawan Brasil ia memilih Ollie Watkins, sementara saat bersua Belgia giliran Ivan Toney yang diberi jatah main.

Sebenarnya masih ada satu nama lain, yakni Marcus Rashford. Namun performanya yang tidak konsisten di Manchester United membuatnya hanya berada di bench. Southgate mengkonfirmasi Rashford tidak sedang cedera, namun ia hanya ingin mencoba pemain lain untuk menjadi pembeda di sektor depan. 


Hasilnya bagaimana? Inggris takluk 0-1 dari Brasil lewat gol debut Endrick pada 24 Maret lalu. Sementara kala menjamu Belgia tiga hari berselang, Jude Bellingham dkk hanya bermain imbang 2-2.

Kane-dependencia terpampang nyata menjadi persoalan Timnas Inggris dalam memainkan formasi racikan Gareth Southgate. Selain sebagai kapten tim, Kane juga berperan sebagai salah satu kreator permainan, dan terutama ia adalah pencetak gol andalan The Three Lions!

Jika di Euro 2024 nanti Inggris akan bermain tanpanya, diyakini separuh kekuatan mereka akan hilang.

Timnas Inggris Menjadi Unggulan Utama Bersama Prancis dan Jerman

Banyak bursa dan pundit bola menjadikan Timnas Inggris unggulan utama pada gelaran Euro 2024 nanti. Selain sebagai finalis edisi sebelumnya (Euro 2020 Inggris), mereka juga memiliki skuad yang sangat bagus di setiap lininya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun