Mohon tunggu...
Greg Satria
Greg Satria Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengamat Sepakbola dan Perfilman

Pecinta sepakbola sejak berusia 5 tahun, yang terpanggil saat nonton langsung Final Piala Dunia 1994 ketika Roberto Baggio gagal mengeksekusi bola ke gawang Brasil. Sejauh itu sampai sekarang, masih memendam hasrat untuk merasakan level sepakbola yang setara dengan negara kelas 1 di dunia, entah itu lewat jalan mana saja.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapakah Gabriel Moscardo? Salah Satu Berlian Langka dari Negeri Samba (Wonderkid Series)

30 November 2023   12:38 Diperbarui: 12 Desember 2023   17:56 1393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gabriel Moscardo usai cetak gol melawan Vasco da Gama. https://www.dzairsport.net/

Wonderkid Series adalah kumpulan artikel berisikan pemain sepakbola muda di bawah usia 19 tahun, yang telah mendapatkan waktu bermain reguler di klubnya. Seri artikel ini akan mencoba memberikan referensi calon pemain-pemain bintang dunia di masa depan dari semua posisi bermain di lapangan.

Talenta muda Brasil selalu menarik minat klub-klub besar Eropa untuk memboyongnya. Kalau bisa diikat sedini mungkin, tentu akan menekan biaya transfer pemain tersebut daripada menunggu hingga ia matang. Terkadang ini memang merupakan perjudian, tetapi jika berhasil ada keuntungan yang berkali-kali lipat.

Di bursa transfer musim panas lalu, setidaknya ada tiga nama permata dari Brasil yang sudah menekan kontrak untuk klub besar Eropa. Pertama, ada nama Vitor Roque yang dikontrak oleh Barcelona hampir 700 milyar rupiah, di usia yang baru menginjak 18 tahun. Pemuda kelahiran 28 Februari 2005 ini berposisi penyerang tengah. Kabarnya Januari besok Barcelona ingin kepindahannya dipercepat daripada menunggu hingga akhir musim nanti.

Kedua, ada nama Endrick yang sudah diikat Real Madrid senilai 650 milyar rupiah dan akan terbang ke Bernabeu juni tahun depan dari Palmeiras. Striker kidal kelahiran 21 Juli 2006 ini sudah mendapat dua caps nya di Timnas Brasil saat jeda Internasional kemarin.

Ketiga, ada Andrey Santos yang digadang sebagai pemimpin generasi emas Brasil yang baru. Dibeli Chelsea seharga 217 milyar rupiah dari Vasco Da Gama pada Januari 2023, namun harus tertunda hingga Juni karena belum mendapatkan ijin kerja di Inggris. Kini ia dipinjamkan ke Nottingham Forest dan Mauricio Pochettino ingin menariknya lagi Januari besok. Sebabnya adalah Kapten Brasil di Piala Dunia U-20 lalu ini hanya mendapat waktu 1 menit di lapangan hingga matchday 13 Premier League. Steve Cooper tampaknya tidak cocok dengan gaya main pemuda kelahiran 3 Mei 2004.

Berikutnya ada seorang anak muda yang kini menarik minat PSG, Barcelona, Chelsea, Arsenal dan yang terbaru ada Manchester United. Scout United dalam minggu ini menanyakan kemungkinan transfernya pada transfer window besok. Namanya adalah Gabriel Moscardo.

Gabriel Moscardo talenta berlian asal Brasil. https://www.transfermarkt.com/
Gabriel Moscardo talenta berlian asal Brasil. https://www.transfermarkt.com/

Profil

Gabriel Moscardo lahir di Taubate pada 28 September 2005. Ia kini bermain di Corinthians dengan 17 pertandingan Liga Brasil sudah dikecap pemuda setinggi 1.85 meter ini. Mengapa ia disebut berlian langka, adalah karena posisinya sebagai gelandang bertahan. Sama seperti pemain belakang ataupun fullback, posisi gelandang bertahan jarang diminati di kalangan pemain muda ataupun level grassroot. Jadi, jika ada pemain gelandang bertahan muda yang mampu bermain bagus dan reguler di klubnya, sudah pasti dia adalah pemain yang diincar banyak klub di dunia.

Kemampuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun