Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - senang mempelajari hal-hal baru. https://www.facebook.com/greg.nafanu; https://www.instagram.com/gregoriusnafanu; https://www.linkedin.com/in/gregorius-nafanu; https://twitter.com/LuanOenunu

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Kompasianival 2022 dan Komitmen Menjadi Pengelana di Kompasiana

3 Desember 2022   10:55 Diperbarui: 3 Desember 2022   14:15 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apresiasi setinggi-tingginya untuk pengelola Kompasiana dan sahabat yang luar biasa di Kompasianival XIV ini (dok foto: seswai.net)

Awal mulanya, saya telah mendaftar untuk ikut berkelana di ajang pertemuan akbar ke-14 Kompasianival di Bentara Budaya Jakarta. Sayangnya, mendekati hari H saya tidak bisa mengikuti perhelatan nan luar biasa di penghujung tahun 2022 ini.

Selain karena tiket pesawat pergi pulang yang lumayan mahal di akhir tahun, saya dan dua anggota keluarga lain batuk pilek. Jadinya agak susah untuk datang ke sana dalam kondisi yang kurang fit. Bisa jadi mengganggu yang lain karena uhuk-uhuk dan membuat orang tak nyaman, lalu memilih untuk menjauh. Artinya, tujuan untuk saling mengenal menjadi terhambat.

Saya belum pernah mengikuti pertemuan off line para kompasianer. Padahal, memiliki keinginan yang sangat kuat untuk bisa hadir di sana. Mengikuti semua rangkaian acara dengan antusias. Plus mengenal para penulis handal yang hebat-hebat itu, namun tetap low profile dan suka membantu. Memberi saran, motivasi dan menjawab pertanyaan, sekalipun pertanyaannya terlihat sederhana.

Hari ini (Sabtu, 3 Desember 2022) adalah hari yang ditunggu-tunggu itu. Run down acaranya telah ditayangkan oleh pengelola kompasiana. Lengkap dengan konten singkat apa, bagaimana, kapan, dan siapa saja yang bakal me-lead kegiatan dimaksud. Keren-keren.

Tentunya saya pribadi, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pegelola Kompasiana. Di tengah-tengah kesibukan mengelola blog terbesar ini, masih dapat menyelenggarakan acara sebesar ini.

Kompasianival memang keren. Suatu waktu harus datang (foto screenshot dari Kompasiana)
Kompasianival memang keren. Suatu waktu harus datang (foto screenshot dari Kompasiana)

Apresiasi sekaligus harapan. Ke depannya, Kompasiana semakin berkembang menjadi rumah besar bagi para bloger. Penghuni lama dan baru, sama-sama diperlakukan dengan baik. Meskipun saya makhlum, begitu susah melayani kepentingan dan jutaan anggota keluarga Kompasiana ini.

Sebagai salah satu anggota yang dinominasikan dalam kategori Best in Citizen Journalism, saya sangat bersyukur dan banyak mengucapkan terima kasih. Kepada para sahabat yang mengusulkan nama saya dan juga memilih saya. Juga berterima kasih pada pengelola Kompasiana yang menyeleksi para kandidat.

Terima kasih banyak, saya tidak akan mengecewakan sahabat-sahabat tetapi semua kita serahkan kepada mekanisme selanjutnya. Siapa yang terpilih nanti, dia lah  yang terbaik untuk saat ini. Kita patut memberikan selamat kepadanya.

Dan setelah ini, Bentara Budaya pun akan kembali sepi. Kelana Kompasianival 2022 berakhir. Namun kita akan tetap melanjutkan kelana kita di media KOMPASIANA. Saling berbagi melalui tulisan-tulisan. Saling mengunjungi dan bertegur sapa dalam kelana tulisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun