Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - senang mempelajari hal-hal baru. https://www.facebook.com/greg.nafanu; https://www.instagram.com/gregoriusnafanu; https://www.linkedin.com/in/gregorius-nafanu; https://twitter.com/LuanOenunu

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ngebolang di Alam Terbuka Tanpa Ribet

23 November 2022   09:14 Diperbarui: 23 November 2022   19:27 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ngebolang bersama keluarga di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, NTT (dok pribadi)

Piknik bersama keluarga atau sahabat-sahabat, tentunya sesuatu yang sangat menyenangkan. Rekreasi, merupakan salah satu cara mengembalikan jasmani kita menjadi fit setelah menjalani rutinitas sehari-hari, bekerja atau belajar.

Salah satu cara ngebolang yang menarik dan berbiaya rendah adalah jalan-jalan ke alam terbuka. Dapat dilakukan ke tempat wisata umum, atau ke alam yang jarang dikunjungi. Tentu saja tergantung pada kesepakatan anggota yang bakal ngebolang bareng.  Ke laut, sungai, padang rumput, gunung, atau di pinggir hutan.

Ngebolang bersama, tak harus merogoh kocek lumayan banyak. Tak perlu juga menginap seharian di sana. Cari saja lokasi yang dapat dijangkau dalam satu hari saja. Bersuka ria bersama di tempat tujuan, lalu kembali lagi ke rumah masing-masing.

Sekalipun terlihat mudah, namun perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar kegiatan rekreasi kita di alam terbuka dapat berjalan dengan lancar. Aman dan nyaman, bagi para pelaku, orang lain dan alam terbuka yang kita tuju.

Ngebolang bersama teman-teman kerja di Way Neky, Lampung (dok pribadi)
Ngebolang bersama teman-teman kerja di Way Neky, Lampung (dok pribadi)
Merencanakan Rekreasi

Sebelum ngebolang bareng, maka perlu menentukan tempat mana yang perlu dikunjungi. Tentukan lokasi utama yang menjadi tujuan ngebolang. Sebagian besar yang melakukan rekreasi biasanya ingin mengunjungi lebih dari satu lokasi dalam satu kali rekreasi.

Tidak apa-apa. Asal kita bisa menetapkan lokasi utama. Lalu lokasi lainnya dapat dikunjungi dalam perjalanan menuju ke lokasi utama, dan saat kembali. Namun tentunya harus memikirkan juga waktu, jarak, dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan bersama dalam rekreasi tersebut.

Rekreasi, hendaknya direncanakan: tujuan yang hendak dicapai, siapa saja yang akan melakukan rekreasi bersama, dan kapan itu akan dilakukan. Termasuk di dalamnya, transportasi, bekal, lokasi yang dituju dan rute perjalanan ke lokasi rekreasi hingga kembali.

Persiapan

Setelah deal dengan perencanaan bersama, maka saatnya melakukan persiapan. Tak perlu berlama-lama melakukan persiapan. Disesuaikan dengan kondisi, sebab kita akan ke alam terbuka. Jangan bawa barang yang berat-berat dan merepotkan ya.

Ngebolang di kampung, mencari durian bersama teman-teman di Way Kanan (dok pribadi)
Ngebolang di kampung, mencari durian bersama teman-teman di Way Kanan (dok pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun