Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - senang mempelajari hal-hal baru. https://www.facebook.com/greg.nafanu; https://www.instagram.com/gregoriusnafanu; https://www.linkedin.com/in/gregorius-nafanu; https://twitter.com/LuanOenunu

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Melirik Tiga Daya Tarik Tanaman Hias Adenium

10 Oktober 2022   04:23 Diperbarui: 10 Oktober 2022   12:01 1059
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bunga desert rose atau kamboja jepang atau adenium. ((SHUTTERSTOCK/SATHIT HUAYSAN via KOMPAS.com

Besar batangnya, menonjol akarnya. Ditambah lagi dengan warna bunganya yang menarik.

Semakin terlihat cantik, jika ditempatkan pada pot yang baik dan terawat.  Itulah kombinasi daya tarik tanaman hias bunga Adenium: batang, akar dan bunga.

Adenium obesum lebih populer dengan sebutan Kamboja Jepang. Sering dibentuk menjadi tanaman bonsai. Perakarannya berseliweran di atas tanah, batang bawahnya besar, memiliki banyak cabang dan  bunga bergerombol cantik di setiap batang. Tentu saja apabila kita rajin merawatnya.

Karenanya, adenium sering ditempatkan di pekarangan rumah, perkantoran, dan taman. Para hobiis bunga pun tak ketinggalan mengoleksi si kamboja Jepang ini.

Cara mendapatkan adenium bisa melalui beberapa cara. Pertama, bisa membeli di toko bunga atau pesan secara online. Kedua, bolehlah  meminta pada tetangga atau teman, sesama kolektor. Ketiga, memperbanyak sendiri dari tanaman yang sudah dimiliki.

Adenium koleksi para hobiis memiliki nilai jual yang tinggi  (Dokumentasi foto: gdmagri.com)
Adenium koleksi para hobiis memiliki nilai jual yang tinggi  (Dokumentasi foto: gdmagri.com)

Memperbanyak Adenium Sendiri

Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam mendapatkan koleksi tanaman, termasuk koleksi adenium. Ada yang membeli adenium siap pakai. Dalam kondisi bonsai yang indah, lengkap dengan bunga yang telah bermekaran.  Itu bagi mereka yang memiliki cukup banyak uang.

Ada juga kolektor yang lebih suka menanam benih atau bibit secara mandiri. Merawat dari kecil dan membentuknya sesuai keinginan. Apalagi adenium mudah dibentuk, baik dalam bentuk bonsai, model binatang, dan sebagainya.

Memperbanyak adenium dapat dilakukan melalui dua cara. Bisa dengan cara generatif yaitu menggunakan biji atau benih adenium. Cara kedua perbanyakan vegetatif. Adenium dapat dicangkok, diokulasi atau disetek. Dan yang paling sering dilakukan, adalah melalui setek batang.

Salah satu koleksi adenium yang dihasilkan dari menanam sendiri (Dok: koleksi & foto pribadi)
Salah satu koleksi adenium yang dihasilkan dari menanam sendiri (Dok: koleksi & foto pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun