Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Buruh - senang mempelajari hal-hal baru

Hidup mengalir seperti air. Bergerak dari hulu ke muara lalu masuk samudera nan luas!

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Agar Disayang ART

20 November 2021   10:00 Diperbarui: 20 November 2021   10:09 149 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dewasa ini keberadaan asisten rumah tangga (ART) dalam rumah menjadi begitu penting, khususnya bagi keluarga  dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Tidak jarang, semua urusan domestik dalam rumah diambil alih oleh ART. Dari memasak, mencuci dan menyetrika pakaian, membersihkan rumah hingga mengasuh anak.  Juga mendampingi nyonya rumah untuk berbelanja dan menjalankan pekerjaan domestik  rutin lainnya. 

Pekerjaan ART terlihat seperti ringan-ringan saja bagi mereka yang jarang mengerjakan pekerjaan domestik rumah. Tetapi capeknya sampai di ubun-ubun, manakala semua pekerjaan kecil harus diselesaikan  oleh satu orang, dalam hal ini dibebankan kepada ART.  Seringkali, seorang ART khususnya yang tinggal bersama dalam rumah harus bangun lebih awal, saat semua penghuni rumah masih terlelap dan  tidur belakangan saat semua telah pulas di malam hari. 

Jika beban kerjanya terlalu berat, maka seorang ART tidak akan kerasan. Apalagi disertai dengan omelan majikan setiap saat. Apabila hal itu teja, maka bersiaplah tidak lama lagi ART kita segera minggat, mencari majikan baru yang memperlakukannya lebih baik. Syukur-syukur dapat dianggap seperti salah satu anggota keluarga. Padahal, mencari dan menemukan seorang ART yang penyayang itu susah. Memang, semua pekerja termasuk ART pasti bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi ART pun butuh kasih sayang. Rindu diperlakukan secara manusiawi. 

Nah, jika seorang ART sudah mendapatkan kasih sayang, maka ia pun akan menyayangi seisi rumah kita. Beberapa tips berikut, sudah diketahui secara umum namun enggan dilakukan.

* Bagi tugas pokok secara jelas kepada ART

ART bukanlah pembantu sepanjang kita memerlukannya. Mengambil ini, menyimpan itu.  Ia juga perlu beristirahat. Karenanya, perlu memberikan tugas pokok saja dengan petunjuk yang jelas. Semua anggota keluarga, sebaiknya juga diberi tugas. Anak-anak harus mandiri dalam menyiapkan pakaian sekolah, membuat minuman dan sebagainya. Jangan semua pekerjaan menjadi tanggung jawab ART kita. 

* Berikan kesempatan pada ART untuk bersosialisasi

ART juga manusia. Berikan kesempatan padanya untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarganya, baik melalui  media sosial maupun secara langsung. Tentu saja dengan catatan, setelah semua pekerjaan utamanya diselesaikan dengan baik.

* Berikan pujian dan ekstra manfaat

Berikanlah pujian jika ART melakukan pekerjaannya dengan baik dan bertanggung jawab.  Jika rasa sayangnya ada, maka ia pun akan memberikan ekstra tanggung jawab terhadap keluarga. Juga berikan tambahan manfaat diluar gaji bulanannya. Jangan terlalu pelit pada ART. Sedikit tambahan manfaat padanya, akan meningkatkan kasih sayangnya pada kita.

* Jangan bersikap kasar padanya di depan umum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan