Mohon tunggu...
Greeneration Foundation
Greeneration Foundation Mohon Tunggu... Lainnya - NGO yang bergerak di bidang produksi dan konsumsi yang berkelanjutan

Dukung kami via donation.greeneration.org

Selanjutnya

Tutup

Nature

Peringati World Clean Up Day 2022, Avoskin Kerja Sama dengan Greeneration Foundation Bersihkan Sungai Cipaganti

19 September 2022   13:27 Diperbarui: 19 September 2022   13:50 80 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Sambutan dari perwakilan Greeneration Foundation, Avoskin, dan Komunitas CAI  (Faqih Mauludin & Rimba Tectona/ Greeneration Foundation)

Bandung, 10 September 2022 - Sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik menjadi isu tersendiri dalam kondisi air kita. Berdasarkan data yang dilansir oleh KLHK (2020), 80% sampah di laut berasal dari daratan. Dari 364,5 ton sampah/hari,  sampah tersebut berasal dari Jawa dan Sumatera

Sungai dalam prosesnya memiliki peran penting sehingga sampah-sampah tersebut bisa sampai ke laut. Salah satu sungai di Kota Bandung, Sungai Cipaganti saat ini sudah tercemar limbah dan sampah. 

Sungai ini memiliki fungsi sebagai saluran drainase, objek wisata warga Kota Bandung dan sebagai sumber air untuk warga yang tinggal di sekitar sungai. Untuk itu, dalam menyambut World Clean Up Day 2022, Avoskin dan Greeneration Foundation, bekerja sama dalam kegiatan River Clean Up "Love Avoskin, Love Earth" pada 10 September 2022.

Vanessa Letizia sebagai Direktur Eksekutif Greeneration Foundation menyampaikan masalah sampah yang terjadi di Indonesia dan bagaimana Greeneration Foundation berupaya untuk berperan, "Selama pandemi, produksi sampah rumah tangga sangat-sangat meningkat dan bisa kita lihat sendiri dampaknya di sungai-sungai yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu kita disini berinisiatif bersama dengan Avoskin untuk melakukan edukasi secara langsung kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan River Cleanup. Oleh karena itu kami sangat menyambut baik dukungan dari Avoskin untuk pelaksanaan kegiatan ini supaya kesadaran masyarakat lebih meningkat terhadap permasalahan sungai di momentum yang bertepatan dengan World Cleanup Day 2022".

Avoskin sebagai pendonor utama dalam kegiatan ini juga menyampaikan terkait fokus Avoskin terhadap lingkungan dan kolaborasi yang dilakukan bersama dengan Greeneration Foundation. 

"Pada kegiatan ini kita berkolaborasi bersama dengan Greeneration Foundation, Rubi Member dan customer karena kita ingin bukan kita saja yang turun langsung, melainkan juga mengajak seluruh pihak untuk lebih aware dan memiliki spirit yang sama dengan Avoskin untuk membantu menyelesaikan permasalahan sampah pada lingkungan. Harapannya kolaborasi ini dapat berjalan secara maksimal dan berdampak luas kepada masyarakat sekitar", ujar Vemditha Kriswidjaya Sodiq, Assistant Brand Director & Sustainability Staff of Avoskin. 

Gambar 2. Peserta River Cleanup  Greeneration Foundation x Avoskin(Rimba Tectona/ Greeneration Foundation)
Gambar 2. Peserta River Cleanup  Greeneration Foundation x Avoskin(Rimba Tectona/ Greeneration Foundation)

Dalam kegiatan ini, Avoskin dan Greeneration Foundation juga bekerjasama dengan Komunitas Cinta Alam Indonesia (CAI) yang turut menyambut baik kerjasama ini. Rima, Sekretaris CAI menyampaikan bahwa, "Kita butuh banyak kolaborasi seperti ini karena permasalahan sampah pada sungai ini bukan hanya milik segelintir orang. Jadi untuk kami, tim Avoskin, Sahabat Avoskin, Rubi Member dan Greeneration Foundation sangat perlu untuk melakukan ini bersama-sama demi terwujudnya lingkungan yang lebih baik. Kami ucapkan terimakasih banyak karena sudah mengajak kami dan semoga kedepannya kita dapat terus berkolaborasi. Semangat!"

Gambar 3. Penimbangan dan jenis sampah terkumpul  (Faqih Mauludin/ Greeneration Foundation)
Gambar 3. Penimbangan dan jenis sampah terkumpul  (Faqih Mauludin/ Greeneration Foundation)

River Clean Up Sungai Cipaganti berhasil mengumpulkan 314,9 kg sampah yang terdiri dari sampah organik sebanyak 88 kg, anorganik berupa plastik yang didominasi PP, Multilayer Pack dan kain sebanyak 139,4 kg, dan sampah residu sebanyak 87,5 kg. Sampah yang telah terkumpul tidak serta merta dibuang begitu saja ke TPA. Sampah yang terkumpul akan dikelola oleh rekan dari Greeneration Foundation yaitu Bening Saguling Foundation untuk dipilah dan didaur ulang. Hanya sampah residu yang akan diserahkan ke TPA untuk dikelola.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan