Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cara Membuat Jaring-Jaring Balok, Kubus, dan Kerucut dengan Mudah!

26 Mei 2023   12:10 Diperbarui: 26 Mei 2023   12:12 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jaring-jaring merupakan suatu bidang datar yang berupa gabungan dari bangun datar yang Menyusun sebuah bangun ruang seperti kubu, balok, limas, dan sebagainya. Jaring-jaring ini bisa diperoleh dengan cara membelah suatu bangun ruang dengan mengikuti rusuk-rusuknya.

Bagi kamu yang sedang menduduki tingkat Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pasti sering mendapatkan tugas tentang membuat salah satu jaring-jaring dalam bangun ruang. Nah, biasanya yang paling sering dibuat adalah jaring-jaring balok.

Apakah kamu masih bingung dalam membuat jaring-jaring balok? Jika ya, kamu wajib membaca artikel ini dengan baik, supaya kamu bisa membuat jaring-jaring balok dan bangun ruang lainnya dengan benar.

Definisi Jaring-jaring Balok

Jaring-jaring balok adalah suatu struktur 3D yang terdiri dari balok yang saling terhubung dengan jaring-jaring. Jaring-jaring itu terdiri dari garis yang menunjukkan adanya batas-batas pada balok.

Jaring-jaring balok ini biasanya digunakan dalam sebuah pembangunan bangunan dengan bentuk yang lebih kompleks, seperti taman bermain, gedung bertingkat, dan sebagainya.

Cara Membuat Jaring-jaring Bangun Ruang

1. Cara membuat jaring-jaring balok

Jaring-jaring balok lebih banyak dan juga lebih bervariasi jika kita bandingkan dengan jaring-jaring kubus. Hal ini disebabkan karena, balok memiliki sisi-sisi yang terdiri atas bangun datar persegi panjang.

Pada jaring-jaring balok juga didapat dengan membuka bangun ruang balok sehingga bisa memperoleh keseluruhan dari permukan balok. Berikut ini beberapa contoh dari gambar jaring-jaring balok yang bisa kamu perhatikan dengan seksama.

Gambar jaring-jaring balok 1:

Sumber: matematrick.com
Sumber: matematrick.com

Gambar jaring-jaring balok 2:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun