Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kisah Nabi Ibrahim Sejak Kecil hingga Melawan Pemerintahan Raja Namrud!

8 Mei 2023   11:30 Diperbarui: 8 Mei 2023   11:44 431
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pixabay.com/Abdullah_Shakoor

Nabi Ibrahim AS adalah salah satu dari nabi ke-25 yang wajib diimani oleh setiap umat muslim. Kisah Nabi Ibrahim juga perlu untuk diketahui oleh seluruh umat muslim.Β 

Jadi, penting untuk kita mengetahui kisah Nabi Ibrahim mulai dari kecil hingga perjuangan yang dilakukannya dalam melawan Raja Namrud.

Tahukah kamu, kalau Nabi Ibrahim AS juga termasuk ke dalam ulul azmi. Ulul azmi adalah golongan nabi yang mempunyai ketabahan yang sangat luar biasa dalam perjalanan dakwah yang dilakukan.Β 

Rasul Allah yang termasuk ke dalam deretan ulul azmi, di antaranya Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, abi Musa, Nabi Isa, dan terakhir Nabi Muhammad SAW.

Kisah Nabi Ibrahim salah satu yang paling terkenal adalah perintah dari Allah mengenai kurban. Di mana Nabi Ibrahim diperintahkan untuk mengurbankan anaknya yaitu Nabi Ismail sebagai bentuk kecintaan serta ketaqwaannya terhadap Allah SWT.

Lantas, seperti apa kisah Nabi Ibrahim sejak dirinya dilahirkan hingga berhasil melawan Raja Namrud? Simak kisahnya berikut ini.

Kisah Nabi Ibrahim Sejak Kecil Hingga Melawan Raja Namrud

Kisah Masa Kecil Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim AS lahir di kota Ur yang ada di wilayah Mesopotamia yang saat ini dikenal dengan Iraq, yaitu sekitar tahun 2295 SM. Dirinya lahir di tengah masa jahiliyah yang saat itu banyak membuat patung untuk disembah oleh banyak orang.

Pada masa itu, terdapat seorang penguasa yang mengaku dirinya sebagai Tuhan, yaitu Raja Namrud. Raja Namrud adalah seorang penguasa Babilonia yang memiliki sifat sombong dan banyak juga dari kaumnya yang percaya kalau Raja Namrud adalah Tuhan mereka.

Pada suatu hari, Raja Namrud mengalami sebuah mimpi, bahwa ada seorang anak yang bisa menghancurkan dan menggulingkan dirinya. Setelah itu, dirinya pun membuat suatu kebijakan untuk membunuh seluruh bayi yang lahir berjenis kelamin laki-laki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun