Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

7 Langkah Cara Membuat Aquascape yang Bagus dan Cara Merawatnya!

17 April 2023   10:30 Diperbarui: 17 April 2023   10:30 451
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by pvproductions on Freepik

Bagi para pecinta akuarium hias, pasti membutuhkan pengetahuan bagaimana cara membuat Aquascape yang bagus. Seni aquascape membutuhkan kreativitas dalam mengatur elemen dekoratif sehingga menciptakan tampilan yang indah dan seimbang.

Beberapa teknik yang digunakan dalam aquascape adalah mengatur posisi batu dan kayu sehingga terlihat alami, menata tanaman dengan susunan yang indah dan simetris, serta menggunakan efek cahaya dan bayangan untuk menciptakan kesan yang dramatis.

Aquascape tidak hanya sebagai hobi atau seni semata, tetapi juga sebagai bentuk terapi untuk mengurangi stres dan menciptakan suasana yang tenang dan relaksasi di dalam ruangan.Β 

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang tertarik untuk menggeluti hobi aquascape sebagai bentuk investasi diri dan juga sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan hidup.

Cara Membuat Aquascape

Aquascape jadi sebuah seni mendesain taman air yang menarik dan indah. Untuk membuat aquascape yang bagus, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini adalah cara membuat aquascape yang bagus:

1. Β Perencanaan dan Desain

Sebelum memulai membuat aquascape, kamu perlu membuat perencanaan dan desain terlebih dahulu. Kamu perlu memutuskan jenis aquascape yang ingin kamu buat, seperti aquascape alami atau aquascape hardscape.Β 

Kami juga perlu memikirkan jenis tanaman yang ingin kamu gunakan, ukuran tangki yang dibutuhkan, dan bagaimana kamu ingin menata hardscape (batu dan kayu).

2. Pemilihan Tangki dan Perlengkapannya

Pilih tangki yang cocok dengan ukuran ruangan dan anggaran yang kamu miliki. Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan jenis filter dan lampu yang dibutuhkan untuk memelihara tanaman dan ikan.

3. Menata Hardscape

Mulailah dengan menata hardscape (batu dan kayu) di dalam tangki. Kamu perlu mencoba beberapa konfigurasi untuk menentukan tata letak yang paling sesuai. Pastikan bahwa hardscape terlihat alami dan seimbang.

4. Penempatan Substrat

Setelah hardscape ditata, tambahkan substrat ke dalam tangki. Substrat digunakan untuk memberikan nutrisi kepada tanaman dan membantu menjaga pH air. Kamu dapat menggunakan pasir, kerikil, atau tanah liat sebagai substrat.

5. Menanam Tanaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun