Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

7 Jenis Komedi yang Harus Kamu Ketahui beserta Contohnya!

28 Maret 2023   08:01 Diperbarui: 28 Maret 2023   08:07 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Leung Kwok Tung Ktleung on Pexels

Komedi adalah sebuah genre seni pertunjukan yang bertujuan untuk membuat penonton tertawa atau merasa senang. Ada jenis-jenis komedi yang bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk seperti film, televisi, panggung, atau acara stand-up comedy.Β 

Tujuan dari komedi adalah untuk menghibur dan membuat penonton merasa santai dan bahagia dengan menghadirkan humor, kekonyolan, atau kritik sosial yang diungkapkan dengan cara yang lucu dan menggelitik.

Jenis-jenis Komedi

Berikut adalah beberapa jenis-jenis komedi beserta penjelasan dan contohnya:

1. Sitcom (Situation Comedy)

Jenis komedi yang biasanya diproduksi dalam bentuk serial televisi dengan format cerita berkelanjutan.Β 

Sitcom mengambil inspirasi dari kehidupan sehari-hari dan cenderung mengandalkan humor yang ringan dan konyol. Contoh sitkom populer adalah "Friends", "The Big Bang Theory", "How I Met Your Mother".

2. Satire

Jenis komedi yang menggunakan humor untuk menyindir atau mengkritik masalah sosial atau politik. Satire dapat berupa komedi stand-up, program televisi, atau film. Contoh satire adalah acara "Saturday Night Live" atau film "Dr. Strangelove".

Membuat komedi satire memerlukan pemahaman yang baik tentang masalah yang ingin diangkat, serta kemampuan untuk melihat sisi lucu dari masalah tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat komedi satire:

  • Pilih topik yang layak untuk dijadikan bahan satire. Misalnya, masalah sosial atau politik yang kontroversial atau menggelitik.

  • Pelajari topik tersebut secara mendalam, termasuk sudut pandang yang berbeda-beda, dan cari tahu di mana terdapat celah atau kelemahan yang dapat dijadikan bahan lelucon.

  • Identifikasi siapa yang menjadi target satire Anda. Pastikan target tersebut relevan dengan topik dan mengandung ketidakwajaran atau ironi.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
    Lihat Bahasa Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun