Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

5 Alat Musik Sunda yang Paling Terkenal, Kamu Pernah Memainkannya?

23 Maret 2023   09:45 Diperbarui: 23 Maret 2023   09:43 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: triyugowicaksono/Pixabay

Setiap daerah di Indonesia, mempunyai alat musik tradisional khasnya masing-masing dengan ciri yang mampu membedakan antara satu daerah dengan yang lainnya. Salah satunya adalah alat musik tradisional yang sudah berhasil populer sampai mancanegara adalah alat musik Sunda, Jawa Barat.

Jawa Barat memang dikenal dengan Suku Sunda serta memiliki kebudayaan yang sangat kental. Budaya tersebut mencakup adat istiadat sampai keseniannya, baik itu tarian maupun alat musik tradisionalnya.Β 

Tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi beberapa alat musik Sunda sudah berhasil mendunia. berikut ini adalah alat musik sunda yang paling terkenal di masyarakat.

Alat Musik Sunda yang Paling Terkenal

1. Kecapi

Alat musik sunda, Jawa Barat ini, cara memainkannya adalah dengan cara dipetik. Kecapi dilantunkan menjadi dua bagian pada saat sedang mengiringi sebuah musik tradisional sunda, yaitu kecapi anak dan kecapi induk.

Alat musik kecapi ini adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat dan juga Bugis, yang ternyata, dahulunya berasal dari negeri China.

2. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional asal Sunda, Jawa Barat. Alat musik angklung ini terbuat dari bambu, dan cara memainkan alat musik sunda ini adalah dengan cara digoyangkan.

Angklung tergolong dari dua, tiga, atau empat bambu, dengan urutan dua, tiga, dan empat bunyi. Bambu yang biasanya digunakan untuk membuat angklung adalah jenis bambu hitam atau awi wulung dan bambu putih atau awi temen.

Alat musik sunda yang bernama angklung ini ternyata memiliki peran untuk menyemangati peperangan. Jenis-jenis angklung sendiri terdiri dari angklung dogdog lojor, angklung kanekes, angklung gurag, angklung padaeng, dan angklung badeng.

Pada tahun 2010, UNESCO telah mendaftarkan angklung sebagai sebuah karya agung budaya hiasan nonbendawi manusia.

3. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional Sunda, Jawa Barat yang cara memainkannya adalah dengan cara digesek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun