Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Yuk, Kenali 6 Ciri-ciri Teks Prosedur yang Harus Kamu Ketahui!

30 Januari 2023   15:00 Diperbarui: 30 Januari 2023   15:00 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kamu pernah memperhatikan cara membuat sesuatu di televisi, TikTok, Facebook, Instagram, atau YouTube? Misalnya saja cara mendekorasi kue dengan mudah.

Nah, sebetulnya, langkah dalam membuat sesuatu itu termasuk ke dalam teks prosedur. Secara umum, teks prosedur merupakan sebuah teks yang menunjukkan cara dalam membuat atau melakukan sesuatu.

Tujuan dari teks prosedur adalah untuk menjelaskan bagaimana suatu kegiatan harus dilakukan, supaya pembaca kamu bisa secara tepat serta akurat dapat mengikuti sebuah proses dalam membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, maupun dalam menggunakan suatu alat tertentu.

Contoh simpelnya adalah petunjuk tentang cara memasak mie instan. Kamu pasti sering memasak mie instan, bukan? Nah, pada bagian belakang kemasan dari mie instan tersebut, terdapat petunjuk mengenai cara memasak mie instan yang tepat. Mulai dari takaran airnya, hingga lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak mie.

Tujuan dari petunjuk pada kemasan mie instan tersebut adalah supaya kita bisa mengetahui proses memasak mie instan yang benar. Jadi, mie instan yang akan kamu masak tidak akan kematangan atau bahkan belum matang.

Nah, teks prosedur memiliki ciri khas yang bisa membuat para pembacanya langsung mengetahui bahwa teks yang sedang mereka baca termasuk ke dalam jenis teks prosedur. Berikut ini ciri-ciri teks prosedur.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Berisikan langkah-langkah suatu kegiatan

Teks prosedur biasanya berisikan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan tertentu, baik itu langkah dalam membuat suatu masakan, mencuci baju, membuat kue, dan sebagainya.Β 

Biasanya, teks prosedur ini dibuat karena penulis sudah memahami dengan baik suatu cara dan ingin membagikan pengetahuannya itu kepada orang lain yang membutuhkan.

Dengan kata lain, penulis sudah mengetahui cara serta langkah yang tepat untuk melakukan sesuatu. Jadi, tersadar bahwa cara yang pernah dilakukannya bisa bermanfaat untuk orang lain.

2. Ditulis dalam bentuk poin-poin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun