Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

7 Cara yang Tepat untuk Menghadapi Tindakan Diskriminasi Ras

26 Januari 2023   15:35 Diperbarui: 26 Januari 2023   15:38 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi sebagian orang, diskriminasi adalah makanan sehari-hari, terutama pada diskriminasi ras. Perlakuan yang tidak adil kerap dialami dan menjadi hal yang biasa, bahkan bisa ditolerir hanya karena tidak ingin memperbesar suatu masalah.

Akan tetapi, segala hal yang dipendam nantinya hanya menimbulkan ledakan pada suatu waktu yang tidak menentu. Menjadi pihak yang merasakan diskriminasi tentunya tidak enak.Β 

Semua orang berhak mendapatkan hal yang sama, yang tidak tergantung pada warna kulit, gender, agama, ataupun orientasi sex.

Diskriminasi adalah suatu bentuk perlakuan tidak adil, yang membeda-bedakan antara individu dan/ atau kelompok satu dengan yang lainnya. Ketika diskriminasi ras terjadi, maka rasanya dunia ini akan terasa menjadi sangat tidak adil. Jadi, ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi diskriminasi ras.

Cara Menghadapi Tindakan Diskriminasi

1. Fokus pada kekuatan diri

Pada saat kamu menerima tindakan diskriminasi, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tetap teguh pada nilai kehidupan yang kamu pegang. Lebih baik tetap menanggapinya dengan sikap tenang dan tidak meresponnya sama sekali.

Jangan sampai perlakuan yang tidak enak, yang diberikan kepada kamu, kemudian kamu balas dengan hal yang sama. Jadi, perlu disadari bahwa terdapat hal yang salah dengan diri mereka, sehingga mereka bisa bertindak seperti itu.

2. Mencari support system

Satu hal yang bisa terjadi kalau kamu menerima Tindakan diskriminasi adalah kamu akan memendam apa yang kamu rasakan. Kamu mungkin akan berpikir kalau mereka benar walaupun sebetulnya mereka salah.

Jadi, jika hal itu terjadi, kamu perlu mencari support system. Teman serta keluarga menjadi circle terdekat yang akan selalu mengingatkan kamu bahwa tidak ada yang salah dengan diri kamu. Mereka adalah orang-orang yang akan selalu menguatkan diri kamu seburuk apapun perasaan kamu.

3. Aktif dalam kasus diskriminasi

Pada saat satu tindakan diskriminasi terjadi, maka kamu perlu terlibat di dalamnya. Kamu bisa mencari sumber berita yang benar supaya pada saat kamu merespon, kamu tidak salah membaca situasi yang tengah terjadi.

4. Berpikir jernih

Menjadi target diskriminasi adalah hal yang bisa membuat emosi negative kamu menjadi meluap. Rasa ingin marah, sedih, dan juga malu tentunya akan menguasai diri orang yang mengalami diskriminasi. Bahkan, ada juga yang bisa menyulut respon fisik, seperti naiknya tekanan darah atau suhu badan seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun