Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Kriteria Penulisan Tinjauan Pustaka yang Wajib Kamu Ketahui!

20 Januari 2023   12:55 Diperbarui: 20 Januari 2023   14:34 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam suatu karya ilmiah, kita akan selalu diminta untuk menuliskan Tinjauan Pustaka yang terdapat pada bab 2. Menuliskan Tinjauan Pustaka memang sudah seharusnya kita lakukan, supaya setiap yang kita tulis mempunyai dasar serta argumen yang sangat kuat.

Salah satu sistematika penulisan karya ilmiah berisi tentang Tinjauan Pustaka. Tinjauan Pustaka berisi tentang teori atau pendapat dari para ahli yang terkait dengan suatu topik yang akan diteliti. Pada sebuah karya ilmiah seperti skripsi ataupun tesis, Tinjauan Pustaka ada pada bab dua.

Tinjauan Pustaka atau kajian kepustakaan ini berisikan tentang kerangka konseptual atau landasan teori yang menjadi suatu pijakan saat seseorang melakukan sebuah penelitian. Tinjauan Pustaka ini yang nantinya akan digunakan sebagai sebua pisau analisis temuan dari penelitian yang ada di lapangan.

Tinjauan Pustaka adalah sebuah aktivitas yang mengkaji kembali dari berbagai literatur yang sudah dipublikasi oleh akademisi atau peneliti lain sebelumnya yang berkaitan dengan topik penelitian yang akan kamu teliti.

Tinjauan Pustaka juga memiliki banyak sekali manfaat pada suatu penelitian. Di mana Tinjauan Pustaka mampu menunjukkan berapa lama waktu yang sudah dilakukan oleh peneliti sebelumnya tentang topik yang mereka ambil. Melalui hal itu, kamu bisa membayangkan topik penelitian yang kamu lakukan akan selesai dalam waktu berapa lama.

Selain itu, adanya Tinjauan Pustaka juga bisa menunjukkan bahwa peneliti benar-benar mampu menguasai tema penelitiannya secara komprehensif tentang teori yang akan digunakannya sebagai referensi dalam penelitian yang dilakukannya.

Menyusun Tinjauan Pustaka sendiri sama halnya dengan menyarikan penelitian yang sudah lebih dulu untuk mendapatkan sebuah gambaran mengenai topik yang akan diteliti. Selain itu, menyusun Tinjauan Pustaka juga bisa menjawab berbagai tantangan yang akan peneliti temui pada saat memulai sebuah penelitian.Β 

Berikut ini kriteria dalam Tinjauan Pustaka yang wajib untuk kamu ketahui sebelum kamu memulai untuk Menyusun Tinjauan Pustaka. Simak informasinya sampai habis.

Kriteria Penulisan Tinjauan Pustaka

Sumber: freepik
Sumber: freepik

Dalam menulis Tinjauan Pustaka, terdapat beberapa kriteria ataupun aspek yang harus dipenuhi oleh peneliti. Berikut ini adalah kriteria penulisan Tinjauan Pustaka.

1. Mutakhir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun