Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apa Itu Rumusan Masalah? Berikut Penjelasan Beserta Contohnya!

1 Desember 2022   16:05 Diperbarui: 1 Desember 2022   16:05 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu bagian yang terpenting dalam karya tulis ilmiah adalah rumusan masalah. Membuat rumusan masalah memang terlihat sangat sederhana, tetapi rumusan masalah adalah bagian terpenting dan wajib ada pada struktur penulisan karya ilmiah.

Seperti yang sudah diketahui bahwa karya tulis ilmiah memiliki beragam jenis, seperti skripsi, tesis, makalah,laporan ilmiah, dan sebagainya. Karya tulis tersebut dibuat dengan selalu memperhatikan kaidah dalam penulisan ilmiah.

Karena menulis suatu karya ilmiah perlu menuliskan rumusan masalah, maka kamu perlu untuk memahami rumusan masalah terlebih dahulu, lalu kamu juga bisa melihat contoh rumusan masalah untuk kamu jadikan referensi dalam penulisan.

Sebelum membahas mengenai contoh rumusan masalah, kamu juga perlu untuk menyimak pengertian dari rumusan masalah di bawah ini.

Pengertian Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan suatu rumusan yang mempertanyakan sebuah fenomena, baik dalam kedudukannya sebagai fenomena mandiri atau sebagai fenomena yang saling berkaitan di antara fenomena yang satu dengan fenomena yang lainnya. Baik itu, sebagai penyebab ataupun sebagai suatu akibat. Berikut ini penjelasan tentang pengertian rumusan masalah menurut para ahli.

1. Andrew dan Hildebrand

Menurut Andrew dan Hildebrand, rumusan masalah yang baik akan dibuat secara terencana, efektif, serta mempunyai karakteristik. Rumusan masalah yang baik mendukung suatu hipotesis dalam penelitian supaya bisa dilakukan pengujian.

Karakteristik rumusan masalah yang terakhir adalah masalah yang diangkat haruslah relevan dan bisa dikelola.

2. Albert Einstein

Rumusan masalah jauh lebih penting dari solusinya. Einstein mengungkapkan bahwa pengajuan rumusan masalah didasarkan pada sebuah pertanyaan baru, sehingga mampu mendukung suatu kemungkinan yang baru dan bisa mempertimbangkan masalah lama menjadi sesuatu yang baru yang lebih kreatif serta imajinatif.

3. Alan Byrman

Menurutnya, rumusan masalah adalah suatu pernyataan yang jelas terhadap suatu hal tertentu. Di mana itu yang dijadikan sebagai perhatian dan yang diberikan titik fokus untuk bisa diteliti secara lebih lanjut. Tentunya sifat dari penelitian harus selalu menawarkan sebuah solusi dan hal yang jelas.

4. Sugiyono

Menurut Sugiyono, rumusan masalah adalah suatu pertanyaan yang mencari jawaban melalui pengumpulan data dan penelitian, di mana penelitian ini bisa dilakukan berdasarkan pada tingkat eksplanasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun