Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Mengupas Kurva Permintaan dan Penawaran Lengkap dengan Contohnya!

24 November 2022   18:17 Diperbarui: 24 November 2022   18:28 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kurva permintaan dan penawaran sangat berkaitan dalam hal menjalankan suatu bisnis. Dalam ilmu ekonomi sendiri, kurva permintaan dan penawaran ini sangatlah penting. Di mana kurva penawaran bersifat positif, sedangkan kurva permintaan bersifat negatif.Β 

Maka dari itu, kurva permintaan dan penawaran mempunyai fungsi yang sama, hingga dijadikan sebagai faktor dalam menentukan harga barang di pasaran. Penggabungan antara permintaan oleh pembeli dan penawaran oleh penjual menentukan harga keseimbangan di pasar serta jumlah barang.

Untuk lebih memahami lebih dalam tentang kurva permintaan dan penawaran, simak penjelasan berikut ini sampai habis, ya.

Definisi Kurva Permintaan dan Penawaran

Sumber: freepik
Sumber: freepik

1. Kurva permintaan

Dalam ilmu ekonomi, suatu permintaan akan sebuah barang akan meningkat apabila harganya turun, dengan syarat ceteris paribus-nya atau faktor lainnya yang bisa mempengaruhi permintaan selain harga, dianggap tidak berubah.

Kurva permintaan adalah grafik yang memberikan gambaran tentang hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah permintaan. Sebagai total dari semua barang permintaan oleh semua pembeli pada berbagai tingkat. Oleh sebab itu, kurva permintaan bisa diperoleh dengan cara menggabungkan kurva terhadap permintaan individu.

Kurva permintaan sendiri dibuat dengan melihat dari data riil yang ada di masyarakat tentang jumlah permintaan terhadap barang dalam berbagai tingkatan harga. Bentuknya adalah berupa daftar permintaan tabel atau disebut dengan demand schedule.

Kurva permintaan ini secara umum biasanya digunakan sebagai alat untuk menetapkan harga jual suatu produk secara tepat, sehingga dalam hal ini penjual mampu mendapatkan keuntungan sekaligus juga menjaga permintaan konsumennya.

2. Kurva penawaran

Kurva penawaran adalah grafik dari suatu hubungan yang terjadi antara harga barang dengan jumlah penawaran yang ada. Kurva ini juga dibuat berdasarkan pada data riil, adanya hubungan antara tingkat harga barang dan jumlah penawaran atas barang tersebut, lalu kemudian dinyatakan dalam daftar penawaran atau disebut dengan supply schedule.

Kurva penawaran sendiri miring ke atas karena sebab serta asumsi hal-hal lain. Harga yang lebih tinggi bisa membuat lebih banyak lagi barang yang akan ditawarkan.Β 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun