Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

10 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

15 November 2022   10:10 Diperbarui: 15 November 2022   10:12 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia terkenal dengan negara yang sangat kaya dengan nilai serta budaya di dalamnya. Dari ragam bahasa, budaya, serta adat istiadatnya. Semua elemen tersebut akhirnya mampu menciptakan kesenian adat yang menggambarkan setiap daerah Indonesia.

Kalau kita membicarakan tentang kesenian adat, rasanya tidak mungkin kalau melewatkan alat musik tradisional asal Indonesia. Beragam alat musik tradisional ini menjadi hal yang penting untuk dilestarikan serta dibanggakan oleh seluruh penduduk di Indonesia.

Untuk memperkenalkan serta melestarikan macam-macam alat musik tradisional Indonesia, maka berikut ini beragam alat musik tradisional Indonesia yang mungkin saja belum kamu ketahui. Berikut daftar alat musik tradisional Indonesia.

Alat Musik Tradisional Indonesia

1. Gendang

Sumber: regionalkompas.com
Sumber: regionalkompas.com

Sebetulnya, di setiap daerah juga memiliki alat musik tradisional yang bentuknya hampir mirip atau menyerupai gendang. Biasanya, setiap daerah ini memiliki nama yang berbeda-beda. Namun, gendang sendiri berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gendang juga salah satu alat musik yang biasa digunakan untuk pagelaran alat musik gamelan. Alat musik tradisional ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul atau diketuk di bagian kulit sisi kanan dan kiri gendang.

2. Angklung

Sumber: kompas.com
Sumber: kompas.com

Alat musik tradisional yang satu ini cukup sering digunakan. Banyak juga para musisi yang menggunakan angklung layaknya sebuah pentas orchestra.

Angklung sendiri terbuat dari bambu dan kamu dapat memainkan alat musik tradisional ini dengan cara menggoyangkannya hingga bambu tersebut mengeluarkan suara dari getaran.

3. Kecapi

Sumber: Wikipedia.org
Sumber: Wikipedia.org

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun