Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Begini Cara 4 Kelompok Hewan Ovipar Berkembang Biak!

8 November 2022   16:40 Diperbarui: 8 November 2022   16:40 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kamu tahu apa itu hewan ovipar? Ovipar berasal dari kata ovum yang memiliki arti sebagai telur. Pada perkembang biakan hewan ovipar, telur berada di luar tubuh dari induknya.

Pada dasarnya, hewan yang berkembang biak untuk mendapatkan keturunan dan memperbanyak keturunannya. Biasanya, hewan melakukan perkembangbiakan generatif akan melibatkan adanya pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina untuk bisa melahirkan sebuah individu baru.

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan hewan ayam, burung, itik, serta jenis hewan bertelur lainnya. Nah, kelompok hewan tersebut dikenal dengan nama hewan ovipar.

Dalam kingdom animalia, perkembangbiakan generatif secara umum terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar. ketiganya ini memiliki ciri khusus yang membedakannya satu dengan yang lainnya.

Pada artikel ini, akan diulas mengenai hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur atau hewan ovipar. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Mengenal Hewan Ovipar

Kelompok hewan yang berkembang biak secara ovipar adalah hewan yang perkembangbiakan seksualnya ditandai dengan betina dan jantan yang melepaskan sel benihnya di luar tubuh dan fertilitasnya juga terjadi di luar tubuh. Sistem reproduksi ini tidak terjadi kopulasi dan sel telur yang dilepas di luar tubuh hewan sangatlah permeabel.

Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan hewan yang bertelur adalah hewan betina yang biasa dikenal juga sebagai induk. Kelompok hewan ini akan mengeluarkan telur dari tubuhnya.

Di dalam telur, terdapat embrio yang memperoleh cadangan makanan dari dalam telur tersebut. Llu, telur tersebut akan menetas dan menghasilkan suatu individu yang baru.

Cara Berkembang Biak Hewan Ovipar

Sumber: Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Berikut ini adalah hewan ovipar yang terbagi menjadi beberapa jenis kelompok. Berikut ini penjelasannya.

1. Kelompok Unggas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun