Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Struktur dalam Penulisan Pidato Persuasif yang Perlu Kamu Perhatikan!

28 September 2022   12:25 Diperbarui: 28 September 2022   12:29 228 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pidato persuasif merupakan satu di antara jenis pidato yang digunakan dalam menyampaikan saran, ajakan, maupun bujukan kepada masyarakat untuk mengubah atau menyetujui sebuah pandangan sesuai dengan gagasan yang disampaikan dan dilakukan secara sukarela.

Pidato persuasif ini menjadi salah satu cara untuk menggerakkan masyarakat agar berbuat lebih baik serta kreatif. Tidak jarang, pada setiap acara tertentu, pidato persuasif ini sangat efektif untuk menginspirasi banyak orang.

Pidato persuasif biasanya bertujuan untuk mengajak kepada para pendengar supaya terpengaruh dengan isi pidato yang disampaikan itu. Misalnya saja, pidato tentang budaya kebersihan.

Dalam pidato persuasif juga memiliki struktur teks yang perlu untuk kamu perhatikan. Struktur dari naskah pidato persuasif terdiri dari tiga bagian. Ketiga unsur tersebut adalah komponen yang sangat penting, sehingga harus ada dalam teks pidato terutama pada teks pidato persuasif.

Struktur teks pidato menjadi sebuah patokan dalam menuliskan naskah pidato. Hal tersebut bertujuan supaya teks pidato mempunyai susunan yang jelas, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, struktur pada teks pidato persuasif juga dapat memudahkan audiens untuk bisa memahami tujuan dari pidato yang disampaikan.

Berikut ini adalah struktur teks pidato persuasif yang perlu untuk kamu perhatikan saat membuat naskah pidato persuasif.

Struktur Teks Pidato

Sumber: writingforward.com
Sumber: writingforward.com

1. Pembuka

Struktur utama dari teks pidato persuasif adalah pembuka. Pembuka ini terdiri dari empat bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan yang biasanya menyebutkan orang-orang dimulai dari yang mempunyai jabatan tertinggi dalam forum tersebut, ucapan syukur yang biasanya berisi ucapan rasa syukur orator, lalu pengantar ke topik utama.

Supaya pidato kamu lebih berkesan, maka isi pidato harus memiliki lima unsur di dalamnya, yaitu mampu merebut perhatian audiens, bisa berhubungan dengan audiens, dapat menunjukkan bahwa kamu layak berbicara tentang topik yang dibawakan, mampu menjelaskan harapan setelah pidato selesai, serta mampu menyampaikan pokok isi pidato.

2. Isi

Isi menjadi bagian yang penting dalam teks pidato, karena pada bagian ini seseorang yang sedang menyampaikan pidato akan menyampaikan tujuan serta pesan kepada para audiensnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan