Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 4 Perbedaan Antara Recount Text dan Narrative Text!

21 September 2022   12:15 Diperbarui: 21 September 2022   12:28 2574 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: contentwriters.com

Dalam bahasa Inggris, terdapat 13 jenis teks yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Walaupun fungsinya berbeda, tetapi ada beberapa jenis teks yang mempunyai beberapa persamaan atau hampir sama.

Seperti halnya narrative text dan recount text, keduanya merupakan jenis teks bahasa Inggris yang sama-sama digunakan untuk menceritakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Tak sedikit orang yang bingung saat membedakan antara keduanya ini.

Lalu, seperti apa perbedaan antara recount text dan narrative text? Simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Recount Text dan Narrative Text

Sumber: reviews reporter
Sumber: reviews reporter

1. Pengertian

Narrative text adalah sebuah teks yang didalamnya menjelaskan mengenai suatu kejadian yang terjadi di masa lampau atau masa lalu secara runtut. Narrative text memiliki tujuan sebagai menghibur para pembacanya tentang kisah ataupun cerita yang disampaikan melalui sebuah teks.

Mengenai teks naratif yang dibuatnya, nantinya akan membuat pembaca menilai sendiri apa makna serta kandungan isi di dalam teks tersebut.

Sedangkan recount text adalah sebuah teks yang didalamnya berisikan kisah atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Recount text biasanya memiliki tujuan untuk menghibur, serta memberikan sebuah informasi yang terjadi di masa lalu. Namun, pada recount text lebih menekankan pada adanya sebuah pengalaman sendiri dari si penulis.

2. Isi cerita

Pada narrative text, biasanya merupakan sebuah cerita dongeng atau legenda, juga terdapat konflik di dalam cerita tersebut.

Sedangkan recount text hanya menceritakan sebuah urutan peristiwa yang terjadi di masa lalu, yang terjadi secara mendetail. Biasanya tidak terdapat konflik di dalam teks tersebut.

3. Struktur teks

Narrative text:

  • Orientation: merupakan sebuah paragraf pembuka yang di mana mengenalkan tokoh yang terlibat pada kejadian, serta waktu dan tempat yang melatarbelakangi kejadian tersebut. orientation terletak pada paragraf pertama. Jadi jangan lupa untuk memasukkan who, when, dan where pada paragraf pertama di narrative text, ya.
  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
    Lihat Bahasa Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan