Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Ketahui 3 Struktur dalam Menulis Recount Text Lengkap dengan Contohnya!

21 September 2022   11:10 Diperbarui: 21 September 2022   11:16 167 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Recount text merupakan jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan mengenai suatu cerita atau kegiatan. Biasanya, recount text menceritakan mengenai pengalaman yang terjadi pada diri seseorang.Β 

Ada berbagai macam tujuan dari recount text. Namun, biasanya recount text memiliki tujuan untuk menceritakan kepada para pembaca tentang suatu peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Karena sudah terjadi pada masa lampau, maka tenses yang digunakan dalam penulisan ini adalah past tense.

Kamu bisa menggunakan simple past tense, past continuous tense, past perfect, dan juga past perfect continuous.

Ada berbagai contoh recount text yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin saja pernah membaca atau sering mendengarkan seseorang dalam menceritakan kisahnya, baik itu teman maupun keluargamu, nah itulah contoh nyata dari recount. Kamu juga bisa menemukan recount text pada sebuah berita yang kamu baca atau kamu dapatkan melalui buku sejarah.


Ciri-ciri Recount Text

Sumber: wrike.com
Sumber: wrike.com

Sebelum membahas mengenai contoh serta struktur dari recount text, ada baiknya untuk mengetahui tentang ciri-ciri dari recount text terlebih dahulu. Ada beberapa ciri recount text yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi jenis teks ini.

Recount text biasanya disampaikan atau dituliskan ke dalam past tense karena teks ini memiliki tujuan untuk menyampaikan kejadian atau sebuah pengalaman yang dialami oleh tokoh atau penulis sendiri yang ada pada tulisan tersebut. Karena peristiwa atau kejadian yang diceritakan ini sudah terjadi, maka cerita ini juga harus disampaikan dalam bentuk past tense.

Di dalam recount text, juga digunakan bentuk adverb yang berfungsi untuk menunjukkan waktu. Hal ini sangat berguna dalam menyampaikan informasi tentang kapan kejadian itu telah terjadi, seperti last week, yesterday, last month, last year, dan sebagainya.

Recount text juga mengandung kata sambung waktu di dalamnya, seperti after, next, dan sebagainya. Selain itu, recount text mengandung juga keterangan tempat seperti at the zoo, at the school, at the beach dan lain-lain.


Struktur Recount Text

Sumber: educations.com
Sumber: educations.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan