Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ini 13 Sunnah dalam Shalat yang Perlu Kamu Ketahui!

18 Agustus 2022   21:00 Diperbarui: 18 Agustus 2022   21:01 147 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo by Masjid Pogung Raya on Unsplash

Ibadah sholat adalah tiang agama. Tanpa shalat maka membuat seorang Muslim tidak ada artinya. Yalni rapuh dan jauh dari Islam itu sendiri. Kita shalat minimal lima kali sehari yang artinya itu wajib. 

Dalam praktiknya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang tata cara shalat yang benar sesuai perintah Allah SWT. 

Selain rukun shalat yang wajib kamu ketahui, ada pula sunnah shalat yang jika dilakukan dengan tidak sengaja maka tidak akan membatalkan shalat. Kamu hanya perlu menggantinya dengan sujud sahwi. 

Sunnah dalam Shalat

Berikut ini sunnah dalam shalat yang tidak membatalkan shalat jika lupa dilakukan: 

1. Angkat Kedua Tangan 

Riwayat dari Ali bin Abi Thalib, ketika Nabi SAW melakukan sholat wajib, dia mulai mengucapkan takbir dan merentangkan tangannya selebar bahu. Dia melakukan hal yang sama ketika dia telah selesai membaca sebelum ruku dan bangkit dari rukuknya lagi. Beliau tidak melakukan hal itu saat duduk, akan tetapi jika beliau bangkit setelah dua kali sujud, beliau kembali bertakbir. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi) 

2. Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri 

Diriwayatkan oleh Jabir dalam hadis: "Rasulullah pernah  melewati seorang laki-laki yang sedang shalat. Dia meletakkan tangan kirinya di  tangan kanannya." Lalu beliau melepaskan tangan tersebut dan meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya."(HR.Ahmad dengan sanad sahih) 

3. Mengarahkan Pandangan ke Tempat Sujud 

Hal ini berdasarkan keterangan al-Baghawi dalam kitabnya, Syarh as-Sunnah: "Melihat sesuatu tidak masalah di dalam shalat, akan tetapi yang lebih baik adalah mengarahkan pandangan ke tempat sujud." 

Beliau melanjutkan bahwa, Telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah saw pernah memandang ke kanan dan ke kiri saat shalat. 

4. Membaca Doa Iftitah 

Sabda Rasulullah saw "Setelah Rasulullah melakukan takbir dalam shalat, maka beliau berdiam sejenak sebelum membaca (surat), aku bertanya: Wahai Rasulullah, demi ayah dan ibumu, tidakkah engkau tahu diamnya engkau antara takbiratul ihram dan membaca surat, apa yang engkau ucapkan? Beliau menjawab, Aku mengucapkan: Allahumma ba'id baini wa baina khothoyaya kama ba adta bainal masyriqi wal maghrib, Allahumma naqqini min khathayaya kama yunaqqats tsaubul abyadhu minad danas, Allahummahdini bil ma'i was salji wal barad. 

Artinya "Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan ufuk timur dari ufuk barat. Ya Allah sucikanlah aku sebagaimana disucikannya kain putih dari kotoran, sucikanlah aku dengan air salju dan air dingin."

5. Membaca Ta'awudz 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan