Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pengertian Belanja Online Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

15 Juli 2022   15:40 Diperbarui: 15 Juli 2022   15:43 174 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apakah kamu sudah belanja online, hari ini? Dewasa ini, belanja online sudah sangat familiar di setiap orang, tak terkecuali diri kamu. Benar sekali, beberapa data sudah mencatat bahwa aktivitas belanja tanpa pergi ke toko konvensional ini terus mengalami peningkatan terutama pada saat pandemi covid-19, yang di mana seseorang tidak boleh bertatap muka. Bahkan, aktivitas belanja online tetap menjadi banyak dilakukan walaupun pandemi covid-19 mulai berkurang. 

Banyaknya orang yang lebih memilih untuk belanja online, bukan hanya karena kemudahannya saja, tetapi promo yang dihadirkan oleh aplikasi belanja online sangat banyak. Salah satu promo yang paling dicari oleh seseorang yang belanja online adalah  promo gratis ongkir. Dengan adanya promo tersebut, pembeli hanya perlu membayar barang yang dibeli saja dan tidak perlu memikirkan biaya pengiriman. 

Banyaknya orang yang berbelanja secara online membuat banyak toko konvensional beralih ke toko online agar tetap bisa mendapatkan pelanggan. Akan tetapi, tak sedikit juga yang tetap membuka toko konvensional sekaligus membuka toko online. Meskipun berbeda jenis toko, tetapi pemilik toko tetap harus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. 

Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan belanja online serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari belanja online? Untuk mengetahui semua hal itu, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Belanja Online

Belanja online atau lebih dikenal online shopping adalah kegiatan berbelanja yang dilakukan secara online dan bisa dilakukan melalui aplikasi atau melalui website. Ketika melakukan kegiatan ini, pembeli yang ingin membeli produk dapat melihat foto atau gambar yang ada di toko online. Dengan kata lain, pembeli tidak bisa memegang produk yang akan dibeli secara langsung. 

Adapun perangkat yang dapat digunakan untuk belanja online ini sangat beragam, mulai dari laptop, komputer, handphone, dan tablet. Selain perangkat, pastinya kamu membutuhkan jaringan internet agar bisa mengakses toko online dengan maksimal.  

Bukan hanya dari website dan aplikasi saja, terkadang belanja online bisa juga dilakukan melalui media sosial. Saat ini, media sosial yang sering dijadikan untuk media berjualan adalah Instagram. Sudah ada banyak UMKM yang menjual produknya ke masyarakat luas melalui media sosial Instagram. Bahkan, sudah ada yang menjual produk secara live stream, sehingga kita akan menemukan teks negosiasi pada live stream tersebut. 

Uniknya lagi, melalui toko online, kamu bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, tetapi bisa juga membeli produk peralatan kantor, rumah tangga, bahkan bisa membeli produk yang berkaitan dengan hobi. Jadi, kamu sudah beli apa saja toko online?

Dengan berkembangnya toko online ini menandakan bahwa kegiatan berbelanja tidak harus lagi datang ke toko konvensional. Meskipun begitu, masih tetap ada sebagian orang yang lebih suka berbelanja ke toko konvensional karena bisa berinteraksi langsung dengan penjualnya. 

Kelebihan Belanja Online

1. Promo yang Beragam

Saat ini sudah banyak toko online yang memberikan promo-promo yang menarik agar bisa membuat orang banyak tertarik untuk membeli produknya. Promo ini termasuk bagian dari kelebihan dari belanja online. 

2. Efisien

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan