Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Ciri-ciri Berita dan Jenis-jenis Berita, Ini Penjelasan Lengkapnya

15 Juli 2022   14:30 Diperbarui: 15 Juli 2022   14:33 9316 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam kehidupan yang kita jalani ini tidak pernah bisa lepas dari peristiwa-peristiwa yang terjadi, baik itu ada di sekitar kita atau bukan. Setiap peristiwa itu pastinya ada yang berisi tentang kebahagiaan dan ada juga tentang kesedihan. Supaya peristiwa itu dapat tersebar, maka diubah menjadi sebuah informasi yang aktual.

Dewasa ini, informasi yang aktual sangat mudah untuk didapatkan karena adanya internet, sehingga berita yang jauh dari jangkauan kita akan mudah kita terima. Selain mendapatkan informasi yang aktual, dengan penggunaan internet yang baik, seseorang bisa juga mendapatkan informasi yang faktual. Bahkan bisa mendapatkan informasi yang faktual sekaligus aktual. 

Informasi yang berisikan tentang data-data faktual serta peristiwa yang benar-benar terjadi dapat dikatakan bahwa informasi tersebut termasuk berita. Berkat adanya berita, maka masyarakat bisa mengetahui dan memahami peristiwa yang sedang terjadi atau baru saja terjadi dan tidak ketinggalan informasi. 

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa berita ini merupakan informasi penting yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Berita ini bisa kita lihat pada koran, artikel, radio, atau juga televisi. Selain itu, berita juga menggunakan teks eksposisi dalam pembuatannya. 

Berita bisa disampaikan melalui lisan atau tertulis. Jika melalui lisan, maka berita biasanya dibagikan melalui media elektronik, seperti televisi atau radio. Sedangkan berita disampaikan dengan cara tulisan, maka sering kita lihat pada media massa atau media online. 

Berita

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita dapat diartikan sebagai sebuah keterangan atau cerita yang berisi tentang peristiwa atau kejadian yang baru saja terjadi atau sedang terjadi. Maka dari itu, dengan adanya berita, maka seseorang akan mengetahui hal-hal yang sedang hangat dan diperbincangkan oleh banyak orang. 

Ciri-Ciri Berita

Untuk mengetahui apakah informasi yang kita terima termasuk berita atau bukan, maka kita perlu mengetahui ciri-ciri dari berita, diantaranya:

1. Objektif

Sebuah berita harus memiliki ciri berupa objektif. Dengan kata lain, dalam menulis berita tidak boleh dipengaruhi oleh kepentingan lain yang hanya menguntungkan beberapa pihak saja. 

2. Faktual

Selain objektif, sebuah berita harus memiliki data yang faktual atau informasi yang disampaikan benar-benar terjadi. 

3. Aktual

Aktual dapat diartikan sebagai cepat, sehingga masyarakat luas bisa mengetahui informasi berita terbaru dengan cepat. 

4. Bahasa yang Baku dan Komunikatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan