Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Jenis-Jenis Caption Text dan Penjelasannya

13 April 2022   14:45 Diperbarui: 13 April 2022   14:50 65 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Perkembangan teknologi tutut mengubah perkembangan media sosial juga, sehingga sudah mulai banyak orang yang menggunakan media sosial  caption text. Dikutip dari suara.com berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh DataReportal, pengguna media sosial Indonesia pada tahun 2022 191,4 juta orang atau meningkat 12,6 persen dari 2021. 

Dari data pengguna media sosial itulah, kita sering melihat berbagai macam caption yang bisa membuat suatu unggahan menjadi lebih menarik. Oleh sebab itu, seseorang yang mengunggah sesuatu ke media sosial akan berusaha menulis caption yang baik dan menarik, sehingga kamu bisa mencari berbagai macam contoh caption text. Dengan demikian, caption dapat dikatakan bahwa suatu tulisan untuk memberikan informasi terkait gambar atau video di media sosial. 

Meskipun caption sering digunakan pada media sosial, tetapi pada dasarnya bisa digunakan pada media-media lain, seperti majalah, koran, dan sebagainya. Misalnya saja ada sebuah foto yang kemudian diberikan keterangan agar pembaca memahami pesan yang ada di dalam gambar tersebut.

Namun, tahukah kamu caption text memiliki beberapa jenis? Jenis-jenis caption text dan penjelasannya akan dijelaskan dalam artikel ini. Jadi, kamu bisa simak artikel ini sampai habis dan mendapatkan informasi tentang jenis-jenis caption text dan penjelasannya. 

Jenis-Jenis Caption Text

Jenis-jenis caption text sebagai berikut:

1. Identification

Identification atau dalam bahasa Indonesia berarti identifikasi ini merupakan jenis caption text yang di mana seseorang akan mengidentifikasi setiap subjek yang ada di dalam foto atau video. Meskipun menjelaskan siapa saja yang ada di dalam gambar, tetapi jenis caption ini tidak memberikan penjelasan tentang sebuah cerita. Dengan kata lain, hanya berfokus pada siapa saja yang ada di dalam gambar. 

2. Summary

Jika identification hanya mendeskripsikan subjek saja, lain halnya dengan jenis caption text summary yang memberikan penjelasan cukup lengkap, mulai dari siapa saja yang ada di dalam gambar, tempat terjadinya ada di mana, mengapa hal itu dapat terjadi, dan waktu terjadinya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa jenis caption text ini sering digunakan pada media-media berita, baik itu online atau konvensional. 

3. Group Caption

Jenis caption text yang ketiga adalah group caption yang sering dipakai untuk memberikan informasi pada banyak gambar. Setiap informasi atau keterangan yang diberikan pada setiap gambar minimal dua kalimat. Selain itu, lebih baik lagi apabila disertakan juga dengan kutipan. Oleh sebab itu, ketika menulis group caption harus ditulis sejelas mungkin agar pembaca tidak salah mengartikan suatu gambar yang cukup banyak. 

4. Story Telling Caption

Story telling caption merupakan jenis caption text yang bisa kamu gunakan kapan saja. Meskipun bisa digunakan kapan saja, kamu harus tetap melihat kondisi yang sedang terjadi agar tidak ada yang salah mengartikan caption. Seperti namanya, maka story telling caption berisi seperti suatu cerita untuk menjelaskan suatu gambar. 

5. Expanded

Expanded merupakan salah satu jenis caption text yang bisa dibilang informasi yang diberikan kepada pembaca cukup lengkap. Mengapa jenis caption text ini bisa dibilang cukup lengkap? Karena caption expanded merupakan pengembangan dari setiap jenis caption text yang sudah ada. Bahkan, ketika membaca caption expanded, akan terlihat mirip dengan caption summary. 

6. Quote

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan