Musik

Demam "Korean Wave" di Indonesia

7 Desember 2018   11:55 Diperbarui: 14 Desember 2018   22:01 193 0 0

Demam Korea atau Korean Wave saat ini banyak sekali digandrungi oleh para remaja dan anak muda di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Saat ini banyak sekali orang Indonesia yang menyukai musik K-POP. K-POP sendiri adalah kepanjangan dari Korean Pop yang merupakan jenis musik dari Korea Selatan. Genre musik K-POP biasanya terinspirasi dari genre musik Western seperti pop, rock, jazz, R&B, electronik, dan hip-hop.

Banyaknya drama-drama Korea yang ditayangkan di televisi Indonesia merupakan awal mula dari berkembangnya Korean Wave saat ini. Berawal dari drama Full House yang diperankan oleh Rain dan Song Hye Kyo pada tahun 2002 kemudian dilanjutkan dengan drama Korea lainnya yang ikut tayang di Indonesia. Pada saat itu, jumlah fans Korea di tanah air masih dapat dihitung dengan hitungan jari. Namun pada tahun 2012 adalah puncak dari demam Korean Wave yang terjadi. Hal tersebut menyebar melalui musik dari boyband Korea Super Junior.

Pada tahun 2012 saat itu Super Junior menggelar tur dunianya yang bertajuk Super Show 4 di Indonesia dan kemudian demam Korea pun semakin meledak bahkan sampai saat ini. Sudah banyak boyband / girlband Korea telah melakukan konser di Indonesia demi menghibur para fansnya, seperti BIGBANG, SHINee, SNSD, MISS A, BTS, hingga yang terbaru adalah BLACKPINK.

Fenomena itulah yang membuat negara ginseng kian terkenal di Indonesia, bahkan tak jarang banyak orang yang tertarik ingin mempelajari budaya Korea. Melalui musik K-Pop yang sedang trend saat ini sudah mencuri begitu banyak hati dari penikmat musik di Nusantara.