Mohon tunggu...
Grace Liani
Grace Liani Mohon Tunggu... Mahasiswa STP Trisakti '17

Seorang mahasiswa akhir yang ingin mulai menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bersatu untuk Pulih

15 April 2021   11:09 Diperbarui: 15 April 2021   11:21 26 0 0 Mohon Tunggu...

Malam itu setelah pulang dari kantor dan ingin beristirahat sejenak sembari membuka twitter, lalu tepat pukul 1 malam terdapat trending pertama yaitu #BanjirNTT di Twitter, dan ternyata terdapat banjir bandang di Nusa Tenggara Timur dan banjir ini bersamaan dengan siklon tropis seroja. Sedih disaat wabah covid masih menyerang saudara kita mendapatkan bencana lagi dengan adanya banjir bandang. Seluruh warga twitter langsung cepat memberikan informasi yang terjadi di sana. Semua video-video yang ada membuat pilu di hati karena terjangan banjir tersebut menghancurkan pemukiman warga serta akses warga. Tidak hanya hanya fasilitas umum dan pemukiman yang rusak tetapi nyawa warga pun banyak yang hilang.

Mereka kehilangan harta dan benda mereka, dan beberapa dari mereka juga kehilangan sanak saudaranya. Mungkin hingga sekarang masih ada dalam daftar pencarian korban. Sampai dengan hari ini terdapat 177 orang yang meninggal akibat dari bencana ini. Bencana ini memakan korban dari Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ende, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Alor, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Sikka. Dari haisl ini masih terdapat 45 orang yang hilang dan masih dalam pencarian. Sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur yang terdampak ini masih sulit dijangkau oleh tim evakuasi dikarenakan akses yang sulit serta cuaca yang masih belum baik.

Untungnya masyarakat Indonesia ini saling bersatu untuk menggalang bantuan demi kebutuhan mereka yang terdampak bencana di Nusa Tenggara Timur, Kemenhub juga memfasilitasi pengiriman Bencana Banjir NTT. Di bulan Ramadhan ini seorang selebgram bernama Awkarin menjadi relawan untuk membatu para korban bencana di Adonara, dan Awkarin membawa teman-temannya juga untuk saling bergotong royong membantu unutk memulihkan kota tersebut. Saya rasa masih banyak para donatur yang menolong saudaranya di sana dengan mengirimkan bantuan berupa sadang dan pangan. Tidak hanya itu Bank Jateng berhasil menggalang dana sebesar Rp 131.000.000 dari hasil konser virtual dan dikirimkan untuk korban bencana di NTT.

Dari sini kita dapat melihat bahwa masih banyaknya orang-orang yang peduli terhdap saudar-saudara kita yang terkena bencana atau musibah. Dengan banyakanya bantuan yang data dari seluruh penjuru kota di Indonesia akan semkain cepat pulih juga kota yang terdampak bencana. Semoga Nusa Tenggara Timur cepat pulih dan warga dapat menjalankan aktivitasnya kembali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x