Mohon tunggu...
Gozi Hasbiyallah
Gozi Hasbiyallah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

suka mencoba hal baru walau terkadang ragu-ragu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Gaya Hidup Ramah Lingkungan: Kunci Pembangunan Berkelanjutan

4 April 2024   22:57 Diperbarui: 4 April 2024   23:14 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gaya hidup ramah lingkungan. Sumber: Eigeradventure.com

Bumi kita sedang menghadapi berbagai tantangan lingkungan yang kompleks, seperti perubahan iklim, polusi, dan krisis air. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengubah cara hidup kita dan beralih ke gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Gaya hidup yang tidak membahayakan alam dan lingkungan hidup sekitar atau lebih akrab dikenal dengan istilah ramah lingkungan merupakan suatu sikap atau gaya hidup yang sangat baik untuk diterapkan. 

Saat ini, gaya hidup ramah lingkungan telah menjadi tren, sehingga banyak diikuti dan dilakukan oleh banyak orang. Hal ini disebabkan lantaran kampanye go-green yang banyak digalakkan di seluruh dunia demi keselamatan bumi.

Pada dasarnya, gaya hidup ramah lingkungan tidak hanya bermanfaat untuk bumi, namun juga bermanfaat untuk keluarga yang menerapkan gaya hidup tersebut. Penerapan gaya hidup ramah lingkungan ini dapat dimulai dari hal-hal kecil yang dilakukan bersama keluarga secara konsisten.

Ada beberapa kiat gaya hidup ramah lingkungan yang bisa diterapkan bersama keluarga, seperti:


1. Bermain di alam terbuka bersama anak

Dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dapat dimulai dengan melakukan hal-hal kecil, seperti membiasakan mengajak anak untuk bermain di alam terbuka. Karena dengan bermain bersama anak di alam terbuka dapat memberi pemahaman pada anak akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Pilihan alam terbuka untuk bermain bersama anak sangatlah banyak, mulai dari taman perumahan, taman kota, perkebunan, hingga objek wisata alam.

Ketika sedang bermain bersama anak di alam terbuka, sempatkan untuk menyisipkan beberapa edukasi tentang cara menjaga kelestarian alam, seperti segarnya udara di alam terbuka, tidak membuang sampah sembarangan hingga pentingnya menanam pohon.

2. Tidak membakar sampah sembarangan

Membakar sampah sembarangan perlu untuk dihindari, karena membakar sampah akan menghasilkan asap dengan kandungan bahan kimia berbahaya yang bisa memberikan dampak buruk, baik dampak buruk bagi lingkungan seperti polusi udara ataupun dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti risiko mengalami berbagai penyakit seperti kanker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun