Grant Gloria
Grant Gloria Karyawan Swasta

Peracik fiksi. Penangkap momen. Penabur melodi. Akun lama: http://www.kompasiana.com/glorygrant

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

[Kompal Cemara] Yang Penting Kebersamaannya

7 Januari 2019   18:42 Diperbarui: 7 Januari 2019   18:47 231 7 5
[Kompal Cemara] Yang Penting Kebersamaannya
sumber gambar: sidomi.com

Sabtu, 5 Januari 2019, keluarga Kompal nonton bareng film Keluarga Cemara. Acara ini disponsori oleh Dokter Posma. Terima kasih ya, Dok. Acara awal tahun yang seru banget!

Film Keluarga Cemara ini rupanya pernah ada filmnya zaman dulu. Tapi saya nggak nonton. Trailernya seru. Tapi sayang ada bagian yang tidak ditampilkan di filmnya.Padahal nungguin itu.

"Bangkrut?? Horee!!"

Ah sayang ya nggak ada di film. Mungkin karena itu adalah sesuatu yang tidak untuk ditertawakan. Hmmm...

Film Keluarga Cemara ini mengisahkan tentang perjuangan satu keluarga terdiri dari Abah (diperankan oleh Ringgo Agus Rahman), Emak (diperankan oleh Nirina Zubir), Euis (diperankan oleh Adhisty Zara), dan Ara (diperankan oleh Widuri Sasono) di masa sulit. Suatu hari mereka mendapat musibah keuangan yang mengakibatkan mereka harus pindah rumah. Tadinya mereka termasuk keluarga berada. Tetapi kemudian harus menjadi keluarga tiada. Menjalani kehidupan yang berbeda dari sebelumnya tentu saja berat ya. Mungkin Bang Dilan nggak akan sanggup menahan beratnya. *eh!

Abah yang kehilangan pekerjaan akhirnya menjadi tukang bangunan tapi ia mengalami kecelakaan yang membuat emak harus membantu perekonomian keluarga. Euis dan Ara harus pindah sekolah. Di film ini lebih menceritakan tentang Euis dan sekolah barunya. Untungnya teman-temannya baik dan memberinya semangat. Mereka bahkan membantu Euis menjual opak yang dibuat Emak. Emak sendiri juga harus menanggung masalah. Di saat perekonomian keluarga sedang sulit, ia mengandung anak ketiga. Di film ini, tokoh Ara mejadi penghibur dengan keluguannya dan sikap optimisnya. Film menjadi seru karena ada tokoh Ara. Lalu ada tokoh Ceu Salma atau Loan Woman (diperankan oleh Asri Welas) yang kadang nyebelin tapi lucu. Suka banget sama Tante Ceu Salma. Sedep banget makannya. Hahaha.

Nggak banyak yang akan saya ulas tentang film ini. Walaupun banyak hal yang jangal di film ini seperti saat ada 'algojo' mengusir keluarga cemara dari rumah, kok nggak ada pemberitahuan? Atau tentang Abah yang patah kaki, lama banget ya sembuhnya. Sponsor film ini adalah Gojek, keren banget! Hal lain-lain yang aneh... Ah, terserahlah itu! Filmnya oke dan sangat menghibur. Juga mengharukan. Mata sempat basah untung tak sampai berlinang. Kalau nggak, bakalan banjir CGV PTC. Bisa viral nanti! Wkwkwk. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Karena ini adalah acaranya Kompal. menurut saya yang penting saat nonton bareng adalah kebersamaannya. Kalau boleh pinjam judul lagu: Makan nggak makan asal ngumpul. Ya, begitu. Film ini seru terlepas dari beberapa minusnya. Dan yang paling seru adalah kumpul-kumpul keluarga Kompalnya. 

Salam Kompal! Salam kompak selalu!

Dok. Kompasiana Palembang
Dok. Kompasiana Palembang