Mohon tunggu...
Glen Landry
Glen Landry Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

A writer

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Ini Struktur Jika Ingin Menulis Press Release yang Baik

18 Mei 2020   19:34 Diperbarui: 8 April 2021   11:24 5738
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menulis press release yang baik membutuhkan struktur tertentu (Sumber : Vanilla Bear Films)

Menulis press release yang baik harus sesuai dengan struktur atau kaidahnya. Press release adalah siaran berita resmi yang dirilis atau dikeluarkan oleh perusahaan, organisasi, institusi, usaha, dan korporasi yang kemudian disebarkan kepada media. 

Menurut ahli, siaran pers ini juga diartikan sebagai informasi yang disajikan dalam bentuk berita, disusun oleh public relation suatu organisasi, institusi, perusahaan, atau korporasi.

Tujuan dari pembuatan siaran pers ini adalah publisitas, penyebaran informasi kepada khalayak ramai, pencitraan, promosi, dan branding. Perusahaan membuat siaran persi ini dalam bentuk informasi, berita, yang disebarluaskan oleh perusahaan kepada khalayak melalui media massa, seperti koran, radio, televisi, dan situs online. 

Jika Anda memiliki bisnis dan ingin mengeluarkan siaran pers terkait hal-hal operasional perusahaan, berikut ini struktur siaran pers!

Struktur siaran pers

Pada dasarnya, menulis siaran pers strukturnya sama dengan menulis berita yang sering ada di koran. Karakteristik siaran pers salah satunya juga memiliki "nilai berita" atau news values. Di dalam news values ini, harus ada nilai menarik, penting, aktual, dan faktual.

Urutan menulis press release yang baik adalah:

  • Judul atau headline
  • Baris tanggal atau dateline
  • Teras berita atau lead
  • Tubuh dan isi berita atau news body

Struktur siaran pers di atas, kemudian disusun dengan mengikuti format seperti di bawah ini:

  • Bagian atas naskah atau lembar siaran pers, tertulis "Untuk Disiarkan Segera" atau "Untuk Disiarkan Tanggal..."
  • Headline, diisi dengan judul siaran pers. Bagian ini bisa diisi dengan judul berita yang biasa dipakai pada berita media massa. Headline ini harus menggambarkan keseluruhan isi siaran pers.
  • Dateline atau baris tanggal, diisi dengan nama kota dan tanggal penulisan siaran pers.
  • Body, atau konten, adalah bagian isi yang terdiri dari Lead (Teras atau Pembuka) dan Tubuh Berita (Body).
  • Informasi lembaga. Tempatnya ada di bagian akhir press release. Bagian ini diisi dengan nama instansi yang mengeluarkan dan menulis rilis.
  • Informasi kontak. Di bagian ini dicantumkan nama, alamat lembaga, nomor telepon, nomor faximile, email, website, dan contact person (CP) yang bisa dihubungi.

Poster Halo Jasa (Photo credit: Pinterest Halo Jasa)
Poster Halo Jasa (Photo credit: Pinterest Halo Jasa)

Tips menulis rilis

Layanan Halo Clean dari Halo Jasa (Sumber : halojasa)
Layanan Halo Clean dari Halo Jasa (Sumber : halojasa)
Struktur rilis atau siaran pers tidak serta merta menentukan bahwa naskah tersebut berhasil tersampaikan dan diterima oleh masyarakat. Jika bahasa yang digunakan tidak mudah dipahami, informasi yang dicantumkan tidak lengkap, dan banyak kesalahan lain, maka siaran pers bisa dianggap gagal.

Oleh karena itu, selain memperhatikan struktur Anda juga harus memperhatikan tips berikut ini:

  • Siaran pers ditulis dengan gaya penulisan seperti berita.
  • Sebaiknya siaran pers sepanjang satu lembar saja, tidak perlu terlalu panjang agar tidak bertele-tele. To the point pada inti yang ingin disampaikan.
  • Memenuhi unsur berita 5W + 1H.
  • Sebaiknya sertakan lebih dari satu nomor kontak; kontak telepon kantor, kontak pribadi, email, HP, dan fax.
  • Jika perlu, sertakan ilustrasi foto, grafik, dan tabel, atau bahan pendukung lain. Bisa juga berupa naskah pidato, makalah, susunan acara, dsb.
  • Jangan lupa sertakan kop surat pada bagian atas siaran pers agar terlihat formal dan resmi.
  • Naskah rilis ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab. Misalnya ketua panitia, manajer humas, dan ketua lembaga/perusahaan.

Struktur penulisan rilis di atas jugalah yang menjadi acuan Halo Jasa setiap kali membuat press release untuk disebarkan ke berbagai media online. Halo Jasa adalah layanan on-demand yang berfokus pada empat kategori; jasa cleaning service, service AC, jasa salon mobil panggilan, dan reflexology massage. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun