Mohon tunggu...
Gita AriniPrastyo
Gita AriniPrastyo Mohon Tunggu... pelajar

saya merupakan mahasiswa di Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor di jurusan Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mengisi Waktu Luang Keluarga dengan Wisata Edukasi Aquaponik Bogor

16 Mei 2019   19:17 Diperbarui: 16 Mei 2019   19:18 0 0 0 Mohon Tunggu...

Keluarga adalah harta yang paling berharga di dunia. Waktu libur adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati waktu luang dengan menikmati kawasan alam yang megah. 

Di Bogor terdapat tempat wisata yang cocok untuk dinikmati oleh semua orang. Kuntum Farm Field adalah tempat yang paling cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Disini wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan memberikan saran edukasi dini bagi anak-anak, seperti edukasi tanaman Aquaponik.

Aquaponik merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Proses aquaponik memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya. Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan digunakan untuk memelihara ikan. Dengan saling menguntungkan sekali, karena ahan yang dipakai tidak akan terlalu luas.

Ikan adalah kunci paling utama dalam sistem aquaponik. Ikan menyedikan hampir semua nutrisi bagi tanaman. Jenis ikan yang dapat digunakan untuk sistem aquaponik tergantung pada iklim lokal dan jenis yang tersedia, tetapi yang paling sering digunakan yaitu ikan nila.

Ketika sistem aquapoik telah terancang, perawatan tanaman ini sangat diperlukan. Perawatan bisa dilakukan dengan memastikan bahwa aliran air yang menuju ke bak tanam yang berisi tanaman senantiasa mengalir dengan lancar tidak ada yang tersumbat.

Selain perawatan yang sangat diperlukan, media tanam seperti sekam arang, cocopeat juga sangat penting. Mengingat nutrisi yang didapatkan adalah urin ikan yang mengandung amonia, dipompakan ke media tanam yang akan menjadi Nitrit oleh bakteri aerob dan akan menjadi Nitrat yang menjadi sumber nutrisi bagi tanaman.

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dengan menanam tanaman aquaponik, yaitu kotoran ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik, menghasilkan dua produk sekaligus yaitu sayur dan ikan, bila pertumbuhannya baik, tanaman akan tumbuh lebih cepat, dan sebagainya.

Yang harus dilakukan dalam sistem tanam aquaponik yaitu membuat wadah untuk tanaman yang terbuat dari paralon ataupun gabus yang telah di lubangi, lalu penyemaian benih yang akan di gulung dengan rockwool, jika bibit telah cukup umur yaitu umur 2 minggu dan tumbuh dengan baik, pindahkan bibit ke pot tanaman khusus tanaman hidroponik, jika bneih tanaman sudah mulai tumbuh dan memiliki dua daun maka tanaman sudah bsa dipindahkan ke paralon, kemudian bila tanaman yang sudah berumur sebulan, dapat dipanen dan ikan nila dapat dipanen dalam waktu 5-6 bulan.

Kuntum Farm Field adalah kawasan megah nan esoktis yang bisa digunakan untuk sobat native menikmati liburan bersama keluarga. Apalagi, dengan berbagai macam konsep agrowisata yang coba dihadirkan membuat berkunjung ke tempat ini adalah sebuah kewajiban.

Penulis : Gita Arini Prastyo

KONTEN MENARIK LAINNYA
x