Mohon tunggu...
Gita Kiranti
Gita Kiranti Mohon Tunggu... Mahasiswa - 21st y.o

hii~~

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI: Pengenalan Aplikasi Buku Sekolah Digital kepada Siswa Sekolah Dasar

26 September 2021   06:47 Diperbarui: 26 September 2021   06:54 43 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI: Pengenalan Aplikasi Buku Sekolah Digital kepada Siswa Sekolah Dasar
Kipin School 4.0

Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI saat ini sedang menjalankan praktik KKN. Pada tahun ini UPI mengikuti program rekognisi MBKM-Puspresnas ke dalam Mata Kuliah KKN. Berdasarkan gambaran kondisi nyata tentang indeks literasi nasional, program MBKM dan Puspresnas, UPI ingin memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan indeks literasi nasional melalui kegiatan KKN Tematik Literasi.

Praktik KKN Tematik ini dilakukan secara daring dan dilakukan di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Pada KKN Tematik Literasi ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan literasi di masyarakat.

Salah satu program literasi ini adalah literasi baca-tulis dengan sasaran siswa baik TK/PAUD, SD/MI, TPA, SMP/MTs, TBM, dan PKBM minimal 10 orang, Orang tua siswa 10 orang, serta Guru 2  orang.

Untuk itu KKN Tematik ini salah satunya diadakan di SDN Cinyosog 02, Kabupaten Bogor. Salah satu program yang dilaksanakan adalah memperkenalkan aplikasi buku sekolah digital, Kipin School 4.0.

Kipin School 4.0 adalah sebuah mobile aplikasi yg tersedia untuk iOS, Android & Windows 10, yang menyediakan ribuan materi pelajaran yang LENGKAP dan GRATIS berupa : buku pelajaran, video, tryout & komik yg dibutuhkan semua siswa di Indoneia untuk jenjang : SD, SMP, SMA & SMK

Alasan dilakukannya pengenalan aplikasi buku sekolah digital ini adalah ada beberapa siswa yang tidak mendapatkan buku tema dikarenakan keterbatasan jumlah yang dimiliki sekolah yang tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada. Selain itu, aplikasi Kipin School ini dapat menunjang Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ yang dilakukan selama masa pandemi ini dan dapat mempermudah pembelajaran. 

Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh siswa, tetapi juga oleh Guru dan Orang tua siswa. Konten dalam aplikasi ini sesuai dengan kurikulum pemerintah Indonesia. Semua materi bisa diakses dengan sistem Download & Go sehingga sangat efektif dan menghemat kuota.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur eksklusif "Sekolahku" sebagai perpustakaan digital sekolah & ujian berbasis digital yg support AKM. Kipin School bisa berjalan tanpa membutuhkan internet dengan didukung oleh alat yg bernama Kipin Classroom.

Dengan diperkenalkannya aplikasi Kipin School 4.0 diharapkan siswa dapat tetap belajar secara maksimal meski tidak mempunyai buku pelajaran secara fisik.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan