Mohon tunggu...
Gita FitriAnggraini
Gita FitriAnggraini Mohon Tunggu... Berusaha yakin, positiv thinking

Latahzan innallaha ma'ana, belajar berproses. semakin kita bingung semakin kita beproses dalam belajar. Hamasaah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Kenali Bakat dan Minat Anak Sejak Dini

16 April 2021   13:35 Diperbarui: 16 April 2021   14:19 119 4 0 Mohon Tunggu...

"Pribadi anak usia dini adalah pribadi yang hebat dan istimewa, termasuk kehebatan dalam kemampuan bakat dan minat yang dimiliki oleh anak"

Apa kalian mengenali bakat dan minat pada diri kalian sendiri? lalu bakat dan minat apa yang kalian miliki?

Tiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing pada dirinya. Seperti hal nya anak usia dini yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Berbicara mengenai anak usia dini, perkembangan pada anak usia dini bagaikan tanaman pohon yang siap tumbuh untuk berbuah. 

Maksud dari hal tersebut, bahwa anak usia dini dapat berkembang dengan secara baik apa yang mereka peroleh dan mereka tanam dari bimbingan yang diberikan oleh orangtua maupun guru. Tanpa disadari tiap individu pada masing-masing anak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang berbeda. Namun, keterampilan dan pengetahuan pada anak dapat dikembangkan dengan secara bersamaan.

Tiap Anak usia dini memiliki keterampilan bakat dan minat atau potensi yang belum mereka kenali. Bakat dan minat anak dapat ditentukan dari proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak yang ditangani oleh peran bimbingan dari orangtua maupun pendidik. 

Bakat bukan hanya selalu mengenai hal yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik. Akan tetapi, bakat juga bisa dalam sesuatu hal yang berkaitan dengan komunikasi atau interaksi anak kepada orang lain, ataupun yang sering kita ketahui dan sering kita dengar bakat lebih cenderung pada keterampilan dunia kesenian. 

Pengenalan bakat pada anak usia dini lebih baik dikenalkan sejak dini agar dapat mengarahkan anak sesuai dengan bidang bakat dan minat pada masing-masing anak.

Nah, untuk itu kita perlu mengetahu definisi dari bakat dan minat pada anak usia dini.

Makna bakat sebagai suatu potensi kemampuan bawaan dari lahir yang dimiliki oleh tiap individu atau tiap orang, sebagaimana potensi kemampuan tersebut perlu dilatih dan dikembangkan oleh tiap orang. Kemampuan tersebut perlu dilatih dan dikembangkan, karena untuk mencapai suatu kecakapan dari pengetahuan atau keterampilan pada anak seperti melukis, bermain alat musik, dan lain sebagainya. 

Seseorang yang memiliki bakat pada dalam dirinya cenderung memiliki jam belajar yang relatif pendek atau singkat, tetapi hasil dari belajar tersebut dikembangkan lebih baik. Penguasaan bakat pada diri dapat membantu anak untuk lebih menguasai bakat pada bidangnya seperti contoh bila anak berbakat dalam menggambar, anak tersebut akan lebih cepat dalam mengerjakan gambar dan memiliki hasil lebih baik dibandingkan dengan teman lainnya yang tidak berbakat dalam bidang tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN