Mohon tunggu...
Gita Citra Santi
Gita Citra Santi Mohon Tunggu... Lets talk about anything

Jika ingin dikenal dunia, MENULISLAH

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

"Produktif" Itu Hanya tentang Mindset

28 September 2020   09:09 Diperbarui: 28 September 2020   09:17 189 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Produktif" Itu Hanya tentang Mindset
image by Pixabay

Menjadi manusia seutuhnya dengan waktu yang dimiliki dalam sehari sebanyak 24 jam, tentunya kita ingin menjadikan waktu kita bermakna dengan menjadi manusia produktif. Produktif yaitu no wasting time, menghargai pekerjaan dan waktu yang dimiliki serta tidak menunda-nunda apa saja yang ingin dikerjakan saat itu juga.

Akan tetapi, banyak orang yang sering menunda-nunda pekerjaan, bisa jadi karena tidak memiliki mood apalagi bagi kebanyakan orang yang segala sesuatunya mengandalkan mood yang baik, duh bahaya deh. Atau bisa jadi karena pekerjaannya terlalu sulit, tidak memiliki kemampuan untuk itu, hingga akhirnya memilih untuk menunda pekerjaan tersebut.

Tipe suka menunda-nunda, ya, sebenarnya semua orang pasti mengalami hal ini, dari zaman nenek moyangku orang pelaut sampai zaman modern seperti sekarang ini, setiap manusia tidak lepas dari yang namanya menunda-nunda pekerjaan. Baik saya, kalian, pejabat, ilmuwan dan lain-lain. Hal ini umum saja ada pada diri masing-masing tiap orang.

Menunda pekerjaan sebenarnya hanya tentang konsep pemikiran kita terhadap pekerjaan yang kita hadapi. " ah, sulit banget yang bagian ini, ntar aja deh kukerjain" ; " duh pengen ngopi, beli kopi dulu deh ini nanti kukerjain lagi" ; " lagi males banget ngerjain, pengen rebahan aja enak kali ya, toh deadline masih besok" ; " lucu banget sih videonya, bentar gue cari di tiktok kayanya banyak yang lucu-lucu deh"  dan lain sebagainya yang bisa membuat kita kedistrak oleh hal-hal yang lain.

Well, tetapi semua ini bukan salah si kopi, bukan salah si video unyu atau yang lain. Ini hanya tentang mindset atau pola pikir yang ada dalam diri kita.

Bagaimana jika kita berfikir seperti ini: " sulit sih, tapi gue pasti bisa ngerjain ini, itung-itung sambil belajar juga, kan ada tentor yang bisa gue tanyain" ; " beli kopinya entar dulu deh, gue lagi ngerjain hal penting nih" ; " videonya lucu sih, tapi kan gue lagi kerja, gue matiin dulu deh HP-nya biar nggak ganggu fokus gue" ; " lagi males sih, tapi ini kerjaan harus selesai, gue pasti bisa, gue kerjain dikit-dikit gapapa deh yang penting selesai hari ini sambil ngilangin rasa malas". 

Dengan fikiran yang seperti ini tentunya, kita akan menjadi lebih produktif dari biasanya karena kita selalu ingin fokus dan ingin menghargai waktu dengan baik, secara tidak langsung perlahan kita akan menghilangkan sifat menunda-nunda yang sudah kita miliki sejak lahir.

Produktif hanya tentang mindset atau pola pikir, jika kita bisa mengubah pola pikir kita saat malas melanda, kita adalah juara karena bisa mengelola emosi kita dengan baik, ingat mood adalah bagian dari emosi. Dengan menjadi manusia yang produktif tentunya, kita setiap hari tidak akan memiliki rasa penyesalan terhadap diri sendiri karena telah membuang-buang waktu dengan percuma karena hal yang tidak penting atau melakukan suatu hal yang tidak seharusnya kita kerjakan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x