Mohon tunggu...
Giri Lumakto
Giri Lumakto Mohon Tunggu... Guru - Pegiat Literasi Digital

Digital Ethicist | Pemerhati Pendidikan Literasi Digital, Teknologi, dan Budaya | Curriculum Developer for Tular Nalar from Google.org | K'ers of The Year 2018 | LPDP 2016 | STA Australia Awards 2019 | LinkedIn: girilumakto | Twitter: @lumaktonian | email: lumakto.giri@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

"Cuma Share dari Teman!" Kerap Jadi Alibi Penyebar Hoaks

16 Oktober 2018   22:05 Diperbarui: 17 Oktober 2018   15:39 1238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
How False News Spread by Noah Tavlin - ilustrasi: youtube.com

Kalimat sakti "Saya cuma share dari teman kok" menjadi alibi sempurna penyebar hoaks. Dalih yang bisa dikatakan pemuka agama, pemimpin publik, bahkan para akademisi. Pun kadang alasan pamungkas ini begitu sering kita dengar dan diulang, orang yang sama.

Kabar bohong yang begitu memikat dalam narasi. Ditambah foto dan video yang difabrikasi sesuai tujuan berbohong. Tak ayal mengusik sisi afektif atau perasaan. Bukan logika yang bermain saat memahami kabar bodong, terutama di dunia maya.

Konten hoaks pun tak jauh dari isu agama, politik, bahkan penipuan. Menurut data Mafindo 2018, konten misinformasi tentang politik masih tinggi di Indonesia. Mastel di tahun 2017 pun menempatkan berita hoaks berkonten politik terbanyak, yaitu >90%.

Karena dalih "cuma share" tidak sesederhana produksi hoaks itu sendiri. Saya coba berikan gambaran besar ruang gerak fabrikasi berita bohong.

Hirarki Fabrikasi Hoaks - ilsutrasi: Dokumentasi pribadi
Hirarki Fabrikasi Hoaks - ilsutrasi: Dokumentasi pribadi
Kabar hoaks difabrikasi oleh beberapa oknum, atau creators. Mereka memiliki kepentingan baik ekonomi, politik, maupun keduanya. Seperti kartel narkoba, kelompok elit creators ini dibatasi identitas, lokasi, sampai riwayat hidupnya dari level kedua piramida, yaitu buzzers.

Para buzzers dengan motif ekonomi bergerak di jejaring digital. Melalui ribuan akun palsu atau sering disebut bot. Buzzers bergerak serempak dan sporadis mengubah algoritma sosial media. Menjadikan trending, berita viral, sampai masuk liputan media arus utama adalah tujuan buzzers.

Digital Media meliputi blog, situs, bahkan portal berita pendukung berita hoaks yang dibuat. Karena secara logika sederhana, berita hoaks pun butuh referensi. Dan dibuatlah media digital yang abal-abal pula. Tujuannya tak lain agar target audience 'memvalidasi' berita hoaks yang disebar.

Sedang untuk target audience, memiliki detail sebagai berikut. 

Kuadran Target Audience Berita Bohong - ilustrasi: Dokumentasi pribadi
Kuadran Target Audience Berita Bohong - ilustrasi: Dokumentasi pribadi
Variabel pendidikan berarti memiliki latar belakang pendidikan formal. Sedang variabel peduli berarti memahami berita bohong yang berbahaya jika disebar di dunia maya. 
  • Dimulai searah jarum jam. Tipe pertama adalah orang berpendidikan dan tidak peduli. Tipe seperti ini kadang bisa berbahaya sekaligus berbisa. Karena lingkup perspektif homogen kadang mengaburkan logika mereka. Dan dengan tingkat pendidikannya, mereka mempengaruhi tipe audience yang lain.
  • Tipe kedua adalah orang tidak berpendidikan tapi peduli. Orang tipe ini tahu bahaya hoaks bagi keharmonisan sosial. Namun kadang 'dibungkam' oleh mereka yang berjabatan atau berpendidikan lebih tinggi. Diam kadang menjadi pilihan mereka.
  • Tipe ketiga menjadi tipe yang riskan atas paparan hoaks. Mereka tidak berpendidikan dan tidak peduli. Berita bohong via sosmed dianggap angin lalu. Bisa jadi menyebarkan hoaks pun tiada menjadi beban buat mereka. Apalagi ditambah pengaruh orang di tipe pertama.
  • Dan tipe terakhir, kadang sedikit dan jarang ditemui. Mereka orang berpendidikan dan peduli atas krisis hoaks di negri ini. Kadang tekanan dan pelabelan dari pihak tipe lainnya cukup signifikan.

Sehingga dari empat tipe dalam kuadran diatas, hanya satu tipe yang memberi solusi. Sedang masif dan berkelanjutannya informasi bohong saat ini begitu nyata via sosmed.

Jadi di balik dalih alibi "sekadar berbagi posting/chat teman" tidak bisa sekadar dianggap maklum. Ada sebuah hierarki sistematis "purveyor" berita bohong. Ada aktor dan medium yang terstruktur dari fabrikasi berita hoaks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun