Giri Lumakto
Giri Lumakto Digital Ethicist

Digital Ethicist, Educator | Pemerhati Pendidikan Literasi Digital, Teknologi, Bahasa, dan Budaya | Awardee BPI-LPDP 2016-2018 | M.Ed in TESOL University of Wollongong, Australia | LinkedIn: girilumakto | Blog: lumakto.blogspot.co.id | Medium & Twitter: @lumaktonian | Email: lumakto.giri@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Serba-serbi dan Tips Membersihkan Gitar Kesayanganmu

10 Oktober 2018   12:32 Diperbarui: 10 Oktober 2018   13:21 2768 18 12
Serba-serbi dan Tips Membersihkan Gitar Kesayanganmu
Acoustic Guitar by abednego ago - foto: pexels.com

Bagi para pecinta gitar, membersihkan gitar bukan sekadar rutinitas belaka. Membersihkan, mengganti senar, adalah cara mencintai gitar selain memainkannya.

Membersihkan gitar jangan terjebak dengan mindset harga gitar. Baik gitar yang murah dan mahal. Kalau sudah hobi dan sayang, membersihkan gitar tidak jadi halangan.

Manfaat membersihkan gitar pun tidak hanya membuat gitar terawat. Setidaknya ada 3 manfaat membersihkan gitar

  1. Menjaga poin estetika gitar itu sendiri. Gitar yang enak dilihat tentu membuat orang yang melihat terpesona.
  2. Menjaga kekuatan tonal wood gitar. Terutama gitar akusitik, tone kayu sebuah gitar akan terus terjaga jika rajin dibersihkan.
  3. Mendekatkan hati pemilik dengan gitarnya. Seperti memandikan anak sendiri. Membersihkan gitar membuat kedekatan emosional pemiliknya.

Bagian gitar yang kadang kotor atau berdebu, fretboard, sekitar lubang, bridge, dan neck - foto: Dokumentasi pribadi
Bagian gitar yang kadang kotor atau berdebu, fretboard, sekitar lubang, bridge, dan neck - foto: Dokumentasi pribadi
Tanda-tanda gitar sudah kotor biasanya bisa nampak dengan mata. Walau kadang tidak selalu terlihat dengan mata telanjang.

  1. Banyak debu/kotoran yang menempel. Lihat lebih teliti pada bagian ada bridge gitar, bagian antara neck dan body gitar, dan dalam gitar. Bagian dalam bisa dibersihkan dengan vacuum jika diperlukan.
  2. Senar sudah hitam atau berbeda warna dengan kondisi awal. Hal ini bisa dilihat pada senar bagian neck dan bridge. Ada baiknya senar diganti. Karena senar pun ada usianya. Paling lama untuk mengganti senar adalah 6 bulan. Seperti pada gitar saya yang senarnya butuh diganti.
  3. Banyak 'jejak' jari pada fretboard. Kadang jejak jari ini begitu tipis dan sulit terlihat. Ditambah warna fretboard yang hitam. Tapi tetap dibersihkan guna menghindari penumpukan kotoran dan jamur.

Gejala senar yang sudah 'menua' - foto: Dokumentasi pribadi
Gejala senar yang sudah 'menua' - foto: Dokumentasi pribadi
Sebelum membersihkan, berikut peralatan yang bisa disiapkan.

  1. Penyangga neck gitar agar neck tidak membentur alas. Saya menggunakan kotak stereofoam bekas yogurt. Atau selama penyangga tadi tidak keras atau tajam, bisa digunakan.
  2. Kain pembersih. Usahakan kainnya tidak berserat supaya tidak meninggalkan bekas serat kain. Misalnya kain flanel atau pembersih kacamata bisa digunakan.
  3. Fret cleaner. Pembersih ini khusus untuk senar dan fret. Sebenarnya pembersih inipun bisa digunakan setiap senar/fret kotor.
  4. Lemon oil. Minyak lemon ini dapat melembabkan kayu dan menghilangkan jamur. Jika tidak ada lemon oil, air bisa digunakan namun dengan takaran yang sangat sedikit.
  5. Alas yang lembut dan rata. Tambahkan kain/karpet dan pastikan rata untuk alas. Hal ini dilakukan agar body gitar tidak tergores atau rusak saat dibersihkan. 
    Perlengkapan membersihkan gitar, lemon oil, fret cleaner, dan lap tanpa serat - foto: Dokumentasi pribadi
    Perlengkapan membersihkan gitar, lemon oil, fret cleaner, dan lap tanpa serat - foto: Dokumentasi pribadi
    Dan berikut saya coba bagikan langkah-langkah membersihkan gitar.

Pertama, bersihkan gitar dari debu/kotoran yang menempel dengan kain. Pada tahap ini, lemon oil belum digunakan. Cukup bersihkan atau dilap semua bagian gitar dengan kain.

Kedua, bersihkan body gitar bagian belakang dan depan dengan lemon oil. Jangan semprot lemon oil langsung pada gitar. Karena pada saat mengelap akan sulit meratakan. Lebih baik semprotkan secara merata pada kain. Semprot dengan jarak 15-20 cm agar minyak menyebar dengan rata.

Ketiga, bersihkan fretboard dan senar. Pada senar, bisa gunakan fret cleaner. Sedang pada fretboard, gunakan lemon oil. Letakkan kain yang sudah disemprot lemon oil dibawah senar. Tarik dan tekan perlahan kain diatas fretboard ke arah neck perlahan. 

Keempat, bersihkan head dan tuning peg sampai ujung neck. Posisikan gitar tegak lurus saat membersihkan neck dan head. Usap dan ratakan lemon oil di kain pada bagian-bagian ini. 

Langkah-langkah membersihkan gitar dalam foto - foto: Dokumentasi pribadi
Langkah-langkah membersihkan gitar dalam foto - foto: Dokumentasi pribadi
Ulangi mengelap pada beberapa bagian gitar seperti body dan neck. Karena kadang sebaran lemon oil pada kain belum merata. Tidak meratanya lemon oil akan terlihat dengan pantulan sinar matahari/lampu.

Setel atau stem gitar usai dibersihkan. Karena kadang senar agak menjadi kendor setelah dibersihkan. 

Voala! Gitar pun menjadi bersih dan estetis. Pastikan gitar disimpan pada suhu ruang. Terlalu panas akan dapat mengembangkan kayu. Terlalu lembab pun akan cepat mengundang jamur pada gitar.

Salam,

Solo, 10 Oktober 2018

12:29 pm