Mohon tunggu...
Giri Lumakto
Giri Lumakto Mohon Tunggu... Pegiat Literasi Digital

Digital Ethicist, Educator | Pemerhati Pendidikan Literasi Digital, Teknologi, dan Budaya | Awardee LPDP di University of Wollongong, Australia 2016 | Kompasianer of The Year 2018 | Best Specific Interest Nominee 2018 | LinkedIn: girilumakto | Medium & Twitter: @lumaktonian | Email: lumakto.giri@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Ada Bahaya Mengintai di (Facebook) Internet.org

27 April 2015   22:13 Diperbarui: 27 Mei 2019   14:26 806 21 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Bahaya Mengintai di (Facebook) Internet.org
Internet.org - Ilustrasi: archy-news.com

Saat Anda mendengar situs internet.org, berarti Anda akan mendapatkan akses internet gratis. Iya, betul gratis alias cuma-cuma. Sebuah gagasan sang maestro brilian Facebook, Zuckerberg untuk mengratiskan akses internet. Dengan dasar charity (hibah), internet.org memfokuskan jasa akses internet untuk orang-orang kelas menengah bawah.

Akses internet yang cukup mahal saat ini, hanya bisa dirasakan kalangan menengah dan atas. Sedang internet.org memungkinkan orang kalangan ekonomi lemah mengakses internet. 

Dengan didukung dari provider lokal, Facebook sebagai penggagas internet.org memberikan akses gratis browsing internet. Tanpa paket akses data dengan biaya yang cukup mahal, akses internet.org memberi orang miskin akses internet gratis. 

Beberapa negara berkembang, seperti India dan Indonesia menjadi 'penerima' hibah internet.org. Provider lokal akan diberikan akses gratis ke internet.org, tanpa syarat dan ketentuan. 

Airtel India telah men-dealkan simbiosis 'mutual' dengan internet.org ini. Mungkin contoh riil, provider Indonesia yang saya bisa lihat adalah dengan Indosat. Indosat memberikan akses gratis internet selama ia menjadi pelanggan Indosat. 

Sepertinya pun, akses ini tanpa harus membayar paket data internet tertentu. Paket o.facebook.com adalah salah satunya untuk akses gratis ke Facebook. Kini ada internet.org, maka akses ke internet pun akan gratis. Namun Anda harus hati-hati. 

Internet.org adalah Facebook, Facebook adalah Internet.org 

Protes dan kritik pedas dituai internet.org di India. Dengan menggandeng provider lokal Airtel, internet.org memang memberikan akses gratis ke orang dengan ekonomi lemah. 

Namun nyatanya, tidak ada yang namanya gratis. Saat orang mengakses internet.org mereka memang akan mengakses internet. Bukan Google yang akan mereka temukan, namun Bing

Bukan website-website unggulan yang juga akan mereka temukan. Namun website yang sudah berafiliasi dengan Facebook agar 'disertakan' dalam internet.org. 

Sederhananya, internet.org adalah versi mini (dan penuh iklan) dari Google. Akses internet dari provider untuk mengakses internet.org dari Facebook ini seolah-olah gratis. Namun pada akhirnya, orang-orang dari kalangan menengah harus membayar untuk jasa atau aplikasi tertentu dalam internet.org. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN