Mohon tunggu...
Giovany Alvano
Giovany Alvano Mohon Tunggu... Ilmuwan - ilmuwan

seseorang yang mempertanyakan semuanya

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

KKN Untag Surabaya : Pendampingan Pemasaran Produk secara Digital UMKM Wingko Babat "Mak Nik"

12 Juni 2022   20:28 Diperbarui: 13 Juni 2022   05:37 170 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Untag Surabaya, Pendampingan Pemasaran Produk Digital UMKM Wingko Babat "Mak Nik"

Lamongan (12/06/2022) - Pandemi Covid - 19 telah berlangsung selama 2 tahun lebih. Covid-19 pertama kali masuk ke Indonesia di bulan Maret 2020 silam dan sejak saat itu hampir tiap-tiap hari media massa baik media cetak maupun media online dan sejenisnya selalu dihiasi dengan berita terkait pandemi dan dampak-dampak nya di kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Meskipun situasi saat ini pandemi mulai mereda namun  hal itu terlanjur memberikan dampak yang besar terhadap penurunan ekonomi masyarakat. Hal tersebut diakibatkan imbas adanya pembatasan mobilitas sebagai salah satu cara dalam memutus rantai penyebaran covid-19 di Indonesia yang membuat masyarakat mau tidak mau harus mengandalkan sistem digital untuk memenuhi kebutuhannya.

Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi covid-19. Wabah ini membuat supply dan demand serta rantai pasok terganggu sehingga roda perekonomian di ranah UMKM tersendat. Bahkan menurut OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) setelah September 2020, akan ada separuh UMKM yang ada yang terpaksa harus gulung tikar. Maka dengan itu sektor UMKM perlu melakukan inovasi produk dan digitalisasi pemasaran agar produk yang dihasilkan mampu dan memiliki daya saing yang hilirnya adalah menambah keuntungan dari pelaku UMKM.

Untuk setidaknya meringankan atau bahkan mengatasi permasalahan tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok NR-09 Otniel Giovany Alvano Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Prodi Psikologi melakukan kegiatan KKN dibawah bimbingan Dosen pembimbing lapangan Ibu Hikmah H Farhanindya. Program KKN yang dijalankan yaitu melakukan Pendampingan  pemasaran UMKM  dan Inovasi Produk Wingko Babat "Mak Nik"  di Desa Cangkring RT 04/02, Bluluk, Lamongan yang berlangsung mulai tanggal 30 April 2022 sampai 5 Juni 2022.

Program ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Cangkring. Program Pendampingan ini dilakukan terhadap pengusaha pembuat jajanan oleh-oleh khas Lamongan yaitu Wingko Babat. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik usaha, adanya pandemi Covid-19 berdampak pada proses penjualan dan pemasaran, dikarenakan keterbatasan pengetahuan dari mitra untuk beralih ke sistem pemasaran berbasis media sosial. Salah satu pelaku usaha yang jadi sasaran KKN di Desa Cangkring bernama Ibu Menik , Ibu Menik merupakan seorang pemilik usaha Wingko Babat "Mak Nik" yang ikut mengalami penurunan omset dan sepi pelanggan akibat dari dampak pandemi Covid-19, dan membuat mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan pendampingan untuk dapat memberikan pengetahuan baru terkait pemasaran dengan media sosial. Permasalahan lain yang dialami pemilik usaha adalah kurangnya inovasi produk dan pemahaman mengenai digital marketing, maka dari itu usahanya harus memiliki inovasi dan untuk pemasaran digital menggunakan media seperti Facebook.

Maka dari itu dengan adanya permasalahan yang dihadapi oleh Ibu Menik tersebut upaya yang perlu dilakukan adalah pengembangan produk dan pemasaran secara digital. Dengan adanya KKN ini dibuatlah sebuah inovasi produk yang tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan minat calon pembeli wingko babat.

KKN Untag Surabaya, Pendampingan Pemasaran Produk Digital UMKM Wingko Babat
KKN Untag Surabaya, Pendampingan Pemasaran Produk Digital UMKM Wingko Babat "Mak Nik"

KKN Untag Surabaya, Pendampingan Pemasaran Produk Digital UMKM Wingko Babat
KKN Untag Surabaya, Pendampingan Pemasaran Produk Digital UMKM Wingko Babat "Mak Nik"

KKN Untag Surabaya, Pendampingan Pemasaran Produk Digital UMKM Wingko Babat
KKN Untag Surabaya, Pendampingan Pemasaran Produk Digital UMKM Wingko Babat "Mak Nik"

Pada kesempatan ini, penulis sudah membuat program untuk membantu UMKM Wingko Babat yang akan dilakukan selama kegiatan KKN berlangsung. Tahap pelaksanaan pada minggu pertama yaitu melakukan kegiatan Identifikasi masalah meliputi survey dengan pemilik UMKM dan ketua RT di Desa Cangkring RT 04/02 dan wawancara dengan Ibu Menik terkait ketersediaannya dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat. Pada minggu kedua memulai kegiatan Pengabdian masyarakat dengan membeli alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk mitra dengan varian-varian barunya serta membuat rancangan untuk desain kemasan, logo dan foto produk. Pada minggu ketiga dilanjutkan dengan melakukan foto produk dan mengedit foto yang terpilih untuk disunting lalu mengunggah foto-foto produk yang telah disunting ke media sosial facebook dengan merangkai kalimat untuk mengenalkan produk. Pada minggu keempat melakukan pendampingan lanjutan terkait cara-cara untuk membalas komentar dari calon pembeli dan cara-cara mengatasi kendala yang mungkin ditemui oleh mitra selama menggunakan platform Marketplace Facebook., kemudian dilanjutkan dengan penyusunan laporan akhir kegiatan KKN .

Dengan adanya  program kerja ini diharapkan dapat memberikan bantuan kepada pemilik usaha Wingko Babat agar usahanya lebih berkembang lagi dan meningkatkan jumlah customer.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan