Mohon tunggu...
Giovanni DimasPrenata
Giovanni DimasPrenata Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Hobi membaca dan tidur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemasangan Lampu Halaman Berbasis Solar Cell di Balai RT 08 RW 01 Kelurahan Pagesangan, Jambangan, Surabaya

16 Agustus 2022   14:55 Diperbarui: 16 Agustus 2022   15:02 64 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyerahan lampu halaman solar cell kepada Bapak Joni Kusuma Trinawan selaku ketua RT 08 (Foto dok. pribadi)

Dosen prodi teknik elektro UNTAG Surabaya, Giovanni Dimas Prenata, S.T., M.T. melakukan kegiatan abdimas (pengabdian masyarakat) dilingkungan tempat tinggalnya. Bertempat di balai RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan kecamatan Jambangan kota Surabaya, kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri bersama 2 mahasiswa prodi teknik elektro UNTAG Surabaya. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022.

Adapun topik kegiatan yang dilakukan adalah pemasangan lampu halaman berbasis solar cell di balai RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan kecamatan Jambangan kota Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan solusi untuk permasalahan kurangnya pencahayaan pada area halaman balai RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan. Pada malam hari di area halaman balai RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan, lampu penerangan halaman yang ada tidak dihidupkan untuk menghemat listrik. Penghematan ini menjadikan area halaman balai RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan menjadi gelap.

Dengan adanya pemasangan lampu halaman berbasis solar cell ini, bisa memberikan penerangan pada area halaman balai RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan dan tidak memerlukan energi listrik dari PLN. Lampu halaman berbasis solar cell ini mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Pada siang hari ketika cahaya matahari mengenai solar cell pada lampu, maka cahaya matahari diubah menjadi energi listrik dan disimpan pada baterai di dalam lampu. Pada malam hari, energi listrik yang tersimpan pada baterai dipergunakan untuk menghidupkan lampu.

Bapak Joni Kusuma Trinawan selaku ketua RT 08 mengucapkan banyak terimakasih kepada Giovanni Dimas Prenata, S.T., M.T. atas kontribusinya untuk warga RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan. Solusi yang diberikan sangat tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Sehingga halaman balai RT 08 RW 01 kelurahan Pagesangan menjadi terang pada malam hari tanpa tambahan biaya tagihan listrik PLN. Penggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listrik merupakan bentuk kepedulian terhadap alam untuk mengurangi pemanasan global dan mendukung kelestarian lingkungan.

Hasil pesangan lampu halaman solar cell (Foto dok. pribadi)
Hasil pesangan lampu halaman solar cell (Foto dok. pribadi)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan