Mohon tunggu...
gina
gina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNS

:)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Hidup Sehat Tak Harus Mahal, Anak Kos pun Bisa!

9 November 2023   17:45 Diperbarui: 9 November 2023   17:50 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sebagai anak kos, pertanyaan yang muncul setiap harinya adalah "makan apa hari ini?". Namun seringkali karena waktu yang mendesak dan budget yang kecil, kita memilih makanan cepat saji atau instan yang sering kita sebut dengan junk food. Padahal kita tahu bahwa makanan tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak, akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh kita.

Menurut dr. Fadhli Rizal Makarim, Makanan saji yang masuk ke tubuh dapat menyebabkan lonjakan cepat pada gula darah. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan karbohidrat olahan dan gula tambahan pada sajiannya. 

Bukan hanya itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan lonjakan insulin yang besar tidak normal. Sehingga mengakibatkan penurunan gula darah. Sebagai akibatnya, tubuh merasa lelah dan tubuh menjadi lapar kembali dalam waktu singkat.

Kebiasaan buruk yang terlalu sering memakan junk food sudah seharusnya kita ubah. Menerapkan pola hidup yang sehat itu tidak harus mahal. Seringkali anak kos mengatakan kalau mereka tidak mampu membeli makanan sehat karena harganya yang mahal. Padahal faktanya, makanan sehat tidak melulu harus mahal loh.

Kriteria makanan yang sehat adalah Ketika makanan itu memiliki gizi yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Dengan budget yang kecil, kita tetap bisa lho memaksimalkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita.

Contoh sederhananya adalah, Ketika kita membeli makanan ke warteg, kita bisa memilih menu tinggi serat dan protein seperti tumis sayur, tahu, tempe, atau Ketika memiliki budget yang lebih bisa membeli daging ayam maupun sapi.

Sebagai anak kos, pasti ada rasa malas dan cenderung ingin makan makanan yang cepat jadi. Sesekali mengonsumsi mie instan tidak menjadi masalah. Karena pada dasarnya hidup sehat tidak bisa selalu makan makanan sehat saja. Kunci dari hidup sehat adalah "everything in moderation" atau semuanya secukupnya. Dengan menerapkan hal tersebut, kita tidak akan cepat bosan ataupun menyerah karena merasa pola hidup sehat tidak enak.

Selain dari asupan sehari-hari, pola hidup sehat juga memerlukan pola olahraga yang baik. Olahraga tentunya tidak harus menguras dompet, olahraga dapat kita lakukan sendiri di rumah, seperti skipping, push up, sit up, dan home workout lainnya. Menyempatkan waktu 15-30 menit saja dalam sehari untuk jalan di sekitar rumah kita juga sudah menjadi olahraga yang baik.

Jika memang tidak memiliki waktu, setidaknya kita tidak boleh mager atau malas gerak. Misalnya, Ketika ada pilihan untuk naik escalator atau tangga, pilihlah naik tangga. 

Jika kita perlu pergi ke tempat yang jaraknya tidak jauh, tidak perlu menggunakan kendaraan, cobalah berjalan kaki. Dengan demikian kita tetap bergerak aktif dan mendapatkan manfaat dari olahraga.

Semua usaha hidup sehat yang kita lakukan juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Karena jika tidak, sama saja usaha ini tidak akan maksimal. Memiliki waktu tidur yang cukup juga sangat penting, waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam. Tetapi kita tidak bisa hanya focus kepada waktu tidur kita, karena kualitas tidur kita juga penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun