Gilang Riyadi
Gilang Riyadi Mahasiswa

Future accountant - Future writer - Movie addict - Politeknik Negeri Bandung '13 - 1995 | email: gilangriy@gmail.com | Wattpad account: gilangriy

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Tips untuk Kamu Supaya Nggak Perlu Antre di Bioskop

19 April 2017   21:10 Diperbarui: 21 April 2017   09:33 536 5 5
Tips untuk Kamu Supaya Nggak Perlu Antre di Bioskop
image by: bangka.tribunnews.com

Dunia perfilman rasanya tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat. Setiap waktunya selalu saja ada film baru hadir di bioskop menemani para pencinta film, baik itu film lokal ataupun luar negeri. Tidak jarang, beberapa film yang dirilis membuat antusias masyarakat begitu tinggi ketika ingin menontonnya sehingga membuat bioskop penuh. Jenis film seperti ini biasanya merupakan kelanjutan dari film sebelumnya yang berjarak beberapa tahun dari waktu terakhir tayangnya. Atau bisa juga merupakan film yang sudah ditunggu penayangannya sejak berbulan-bulan lalu. Sebut saja film seperti The Avengers, Civil War, Batman v Superman, Warkop DKI Reborn, AADC2, dan masih banyak lagi.

Banyak orang rela mengantri panjang di loket pembelian demi mendapatkan tiket. Sayangnya, meski begitu, ada hal yang terjadi tidak sesuai dengan ekspektasi. Misalnya saja, mendapat jadwal penayangan jauh lebih lama dari waktu yang diharapkan, sehingga harus menunggu waktu beberapa jam lagi agar bisa menyaksikan film yang ditunggu. Atau ada juga kasus di mana mendapat bangku penonton di bagian bawah layar dan membuat leher terasa pegal.

Nah, tentunya kompasianer nggak mau kan mengalami kejadian seperti itu? Sebenarnya, ada kok beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kalian bisa enjoy menonton film tanpa perlu mengantri lama, apalagi sampai dapat tempat duduk yang nggak nyaman. Mau tahu apa aja? Cek yuk di sini!

Beli Tiket Online

Tidak ada salahnya kan jika memanfaatkan kemajuan teknologi? Saat ini, beberapa aplikasi bisa digunakan untuk membeli tiket bioskop secara online. Dengan hanya mengandalkan smartphone, kamu bisa langsung membeli tiket dan memilih kursi sesuai keinginan berikut jumlahnya. Malahan, ada juga aplikasi yang menawarkan promo potongan harga ataupun dapat popcorn gratis saat membeli tiket online seperti ini. Bagaimana? Mudah, kan? Dengan begini, kamu tidak perlu lagi mengantri panjang.

Manfaatkan Tiket Pre-sale

Tips selanjutnya adalah membeli tiket pre-sale, di mana tiket ini dijual oleh pihak bioskop sebelum filmnya rilis. Memang sih, tidak semua film memiliki pre-sale tiketnya alias hanya film yang memang punya kriteria khusus. Tapi, jika kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini, tentunya akan memudahkan kamu nonton film ketika hari H. Tidak perlu lagi mengantri panjang dan hanya tinggal datang membawa tiket, kemudian masuk ke studio di tempat yang sudah dipesan sebelumnya.

Datang ke Bioskop Lebih Awal

Kalau kamu memang terpaksa hanya bisa datang ke bioskop tanpa menggunakan aplikasi atau tidak mendapat tiket pre-sale, maka datanglah lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan. Misalnya, jadwal penayangan film jam 3 sore dan kamu tahu bahwa film itu pasti akan banyak nonton karena sedang booming, berarti kamu mesti datang paling tidak satu jam sebelumnya agar mendapat jadwal dan tempat duduk sesuai yang diinginkan.

Titip Pembelian Tiket pada Teman

Nah kalau rencananya kamu menonton film dengan geng kamu yang jumlahnya cukup banyak, coba deh manfaatkan teman yang bisa diandalkan. Maksudnya memanfaatkan di sini adalah lihat apakah ada teman yang tempat tinggalnya dekat dengan lokasi bioskop, atau teman tersebut bisa datang lebih awal. Jangan lupa, titip uangnya terlebih dahulu supaya teman kamu nggak kerepotan juga. Selain itu tidak ada salahnya memberi uang tipssebagai balas jasa jika memang hal ini diperlukan.

Cari Bioskop yang Membuka Studio Lebih Banyak

Tidak sedikit kok bioskop yang membuka jumlah studio lebih jika jumlah penonton terlalu banyak. Bahkan akan ada juga loket tambahan untuk meminimalisir antrian. Nah, ada baiknya juga kamu memilih bioskop yang memang menyediakan studio lebih dari satu (biasanya 2-5 studio, tergantung jumlah penonton). Jadi, pembelian tiket dan waktu tayang pun bisa saja sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Pilih Waktu Nonton Lebih Jauh Setelah Film Rilis

Memang sih kita kadang nggak sabaran waktu tahu ada film seru yang tayang di bioskop. Ketika teman-teman udah banyak yang nonton, pasti bawaannya jadi pingin nonton juga karena penasaran. Tapi jika kamu adalah tipe orang yang malas ngantri atau kurang suka dengan suasana keramaian, maka pilihlah waktu nonton jauh setelah film rilis (sekitar 1-2 minggu). Dengan begini, jumlah orang yang menonton akan mulai berkurang dan cenderung sepi, sehingga kamu bisa menikmati film dengan lebih tenang.

Nah tips-tips tadi adalah untuk membantu kamu meminimalisir antrian panjang ketika beli tiket, juga untuk kamu supaya dapat jadwal + tempat duduk yang pas. Kamu bisa menggunakan tips ini ketika ada film seru yang memang membuat orang-orang datang memenuhi bioskop. Semoga bermanfaat. See you!

-Gilang Riyadi, 2017-