Mohon tunggu...
Samuel Suwu
Samuel Suwu Mohon Tunggu... Motorsports Enthusiast

Focusing just about Motorsports Email: Samuelsuwu02@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Mari Mengenal Tentang Ajang Balap IndyCar (Bagian 1: Sejarah)

4 Juni 2019   17:40 Diperbarui: 4 Juni 2019   17:49 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mari Mengenal Tentang Ajang Balap IndyCar (Bagian 1: Sejarah)
Logo IndyCar 2019 | midohio.com

Kalau saya bilang IndyCar ada yang tau tidak? Pasti jawabnya tidak tapi Kalau Formula 1, siapa disini yang tidak tahu tentang Formula 1? Kamu? Dia? Mereka? Saya rasa semua sudah mengenal tentang F1 walau cuma dasarnya aja. Setidaknya jika kita sebut nama Michael Schumacher atau Aryton Senna pasti kalian langsung bilang "oh sumaker yang di F1 itu. legend banget dia tuh" atau "oh senna yang meninggal karena tabrakan waktu balap F1 itu kan?" sudah pasti minimal itu yang akan kalian tahu tentang F1. Bahkan semua tampilan mobil balap yang menyerupai mobil F1 kalian akan bilang itu mobil F1 apapun bentuknya.

Tapi apakah kalian tau balap mobil roda terbuka (open wheel racing) atau balap Single Seater itu bukan hanya F1? Dan mungkin bisa dibilang ini adalah saingannya F1 dan hanya ada di benua Amerika khususnya di negara Amerika Serikat. Namanya adalah ajang balap IndyCar. Sejarahnya IndyCar bisa ditarik jauh sekali jauh hingga tahun 1902. Mari bersama sama kita belajar tentang IndyCar dengan kembali ke masa lalu dan melirik apa itu ajang IndyCar. Cekidot!

SEJARAH INDYCAR



 

Awal Mula Bernama AAA Tahun 1902 - 1955

IndyCar adalah ajang balap mobil roda terbuka tertinggi di negara Amerika. Kalau F1 ajang balap mobil roda terbuka yang paling akhir atau tertinggi di dunia, nah kalau IndyCar ini regionnya Amerikanya. Tapi sejarah mengatakan balapan Indycar pertama sudah di gelar dari tahun 1902 atau sekitar 20 tahun lebih dulu dibanding F1 dan gelaran pertama itu dibuat oleh IndyCar yang dahulu bernama AAA (American Automobile Assosiation). IndyCar berjalan 53 tahun dengan nama AAA itu hingga tahun 1955 setelah banyaknya kecelakaan fatal yang terjadi oleh serangkaian pembalap topnya membuat penyelenggara saat itu AAA membubarkan ajang balapnya. Dengan capaian menariknya adalah terbentuknya gelaran Indianapolis 500 (yang akan saya jelaskan di post yang mendatang, okey?)

Berganti ke USAC Tahun 1956 -1978



 

USAC Logo | popoffvalve.com
USAC Logo | popoffvalve.com
Lalu format gelaran IndyCar ini diteruskan oleh United States Auto Club dan berganti nama dari gelaran AAA menjadi USAC mulai tahun 1956. Sementara gelaran balap IndyCar yang saat itu bernama USAC meraih penambahan popularitas dan banyak pembalap-pembalap dan tim dari luar Amerika yang bergabung disini. Contohnya itu Bruce Mclaren dengan tim Mclarennya yang mulai bergabung ke USAC di tahun 70an awal. Ini juga menjadi awalan perubahan mobil yang pakai yang sebelumnya mobilnya bermesin depan, akhirnya mengadaptasi mobil fomula di eropa dengan penempatan mesin di belakang.

Ada sebab ada akibat. Karena USAC popularitasnya bertambah dan makin banyak tim tim besar eropa yang coba masuk ke USAC, membuat uang yang harus di keluarkan untuk mengikuti USAC semakin meningkat juga. Itu semua dikarenakan mereka yang bergabung adalah tim tim besar yang lambat laun menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan mobilnya dibanding tim-tim yang sudah ada, ya resikonya tim-tim yang sudah ada harus berusaha menghabiskan banyak uang yang dimana sebenarnya mereka gapunya itu. Dan akhirnya karena naiknya kebutuhan uang yang dibutuhkan pada ajang ini dan kecewanya para tim terdahulu atau yang duluan sudah berada di USAC dari jamannya AAA, mereka pun membuat ajang balap tandingan.

Tandingan USAC vs CART 1979 - 1981

Ajang balap tandingannya itu bernama CART (Championship Auto Racing Team). Jadi mulai tahun 1979 di negara Amerika ada dua ajang balap roda terbuka tertinggi disana, CART dan USAC. Sulit ya seperti kita disini dulu sepakbolanya ada ISL ada IPL. Tandingan ini menimbulkan masalah-masalah baru seperti gelaran Indianapolis 500 yang memang berada di bawah naungan USAC melarang tim-tim yang berasal dari ajang CART tidak boleh mengikuti gelaran Indianapolis 500. Jadi dari tahun 1979 hingga 1981 itu ada dua gelar nasionalnya satu dari USAC dan satu dari CART. Tapi akhirnya lama-kelamaan CART mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sebagai pemegang resmi gelar nasional di negara Amerika.



 

CART Logo | gtplanet.net
CART Logo | gtplanet.net

Yang Resmi dan Yang Tidak Resmi jilid 1 1982 - 1995

Kalau dari penjelasan saya tadi jika pemegang resmi gelar nasionalnya itu kan CART harusnya kan berarti USAC dan CART tuh bergabung jadi satu dong? Tidak! CART memang secara resmi pemegang gelaran ajang balap nasional tertinggi di negara Amerika, namun USAC juga tetap menjalankan ajangnya. Jadi dari tahun 1982 itu tetap ada dua ajang balapnya CART yang resmi dan USAC yang tidak resmi. Bingungkan? Sama saya juga haha! Tapi satu hal yang jelas adalah gelaran Indianapolis yang sebelumnya eksklusif untuk ajang USAC ini akhirnya juga boleh bersatu kalender bersama CART namun spesifikasi mobilnya ada yang berbeda sedikit antara kedua ajang.

ChampCar vs IndyCar 1995 - 2003

Ini tuh apa lagi ya Tuhan! Orang-orang Amerika aneh-aneh aja deh. Jadi tuh tahun 1994 pemilik dari sirkuit Indianapolis Motor Speedway Tony George memutuskan untuk membuat ajang baru lagi namanya IRL yang adalah Indy Racing League. Sudah adem-adem malah bikin tingkah, ini membuat para petinggi CART melihat sebagai bentuk tandingan terhadap ajang mereka lagi. jadi tahun 1995 tuh ada 3 ajang sebelum semuanya bergulir, ada USAC, IRL, dan CART. Tapi akhirnya USAC memutuskan untuk bersama dengan IRL.



 

IRL Logo | freebiesupply.com
IRL Logo | freebiesupply.com
Karena hal ini kembali terjadi, CART memutuskan untuk memboikot ajang Indianapolis 500 yang berada di bawah naungan USAC dan membuat tandingan ajang balap 500 mile sendiri dengan nama U.S 500 yang diadakan di Michigan Speedway yang lambat laun sepi peminatnya.

Juga dengan pemakaian nama IndyCar oleh CART yang sebelumnya memakainya dengan nama PPG IndyCar World Series menjadi sebuah masalah dikarenakan Tony Goerge pemilik nama sah menginginkan nama itu dipakai oleh ajang IRL. Namun akhirnya setelah melalui negosiasi panjang, CART memutuskan untuk tidak menggunakan nama IndyCar dan menggantinya dengan nama ChampCar tapi dengan satu syarat bahwa IRL juga tidak bisa menggunakan nama IndyCar hingga tahun 2003.

CART yang pada tandingan pertama berhasil menang harus rela kalah pada tandingan kedua ini dengan IRL dikarenakan lambat laun IRL mengalami peningkatan popularitas dan beberapa balapan ChampCar juga ada yang di batalkan karena alasan keselamatan maupun kekurangan sponsor.

Yang Resmi dan Yang Tidak Resmi Jilid 2 2004 - 2007

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2