Mohon tunggu...
Samuel Suwu
Samuel Suwu Mohon Tunggu... Motorsports Enthusiast

Focusing just about Motorsports Email: Samuelsuwu02@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Valtteri Bottas Meraih Pole Position di GP Azerbaijan Mengalahkan Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel

28 April 2019   01:48 Diperbarui: 28 April 2019   02:18 0 2 1 Mohon Tunggu...
Valtteri Bottas Meraih Pole Position di GP Azerbaijan Mengalahkan Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel
Lewis Hamilton (kiri), Valtteri Bottas (tengah), dan Sebastian Vettel (kanan)

Valtteri Bottas kembali berhasil meraih pole position di GP Azerbaijan kali ini dengan mengalahkan rekan setimnya Lewis Hamilton dan rival lainya Sebastian Vettel. Raihan Bottas ini merupakan pole yang kedua musim ini setelah GP China dua minggu yang lalu, dan menjadi raihan pole ketiga tim Mercedes di musim 2019 ini. Waktu yang dicatatkan Bottas pada lintasan Baku ini juga merupakan catatan waktu tercepat yang pernah ada di lintasan baku dengan catatan waktu 1:40.495.

Bottas Sensasional Di Sesi Q3

Sensasional adalah kata yang tepat menggambarkan torehan yang Bottas raih di sesi kualifikasi ini. Bagaimana tidak, dari sesi latihan bebas keda Bottas sudah mengalami kendala dan hanya berhasil menempati posisi ke 6. Lalu di latihan bebas ketiga dia berhasil memperbaiki catatan waktunya dan menempati posisi ke 4 namun masih terpaut jauh dengan jarak lebih dari 1 detik dengan penguasa latihan bebas GP Azerbaijan yaitu duo Ferrari.

Valtteri Bottas merayakan hasil pole positionnya di GP Azerbaijan
Valtteri Bottas merayakan hasil pole positionnya di GP Azerbaijan
Namun tiba sesi kualifikasi khususnya di kualifikasi ketiga (Q3) semua berubah. Bottas berhasil menjadi yang tercepat diantara duo Mercedes, dan bahkan lebih cepat 0,3 detik dari Ferrari yang dikemudikan Sebastian Vettel yang digadang-gadang akan merebut pole dengan mudah menilik dari hasil latihan bebas sebelumnya. Memang perubahan besar terlihat dari Bottas sejak seri awal di GP Australia dari segi penampilannya di dalam lintasan maupun di luar lintasan, dengan tujuan untuk bisa mengalahkan dan terlepas dari bayang-bayang Lewis Hamilton sang juara dunia F1 5 kali dan sekaligus rekan setim Bottas di tim Mercedes.

Drama Di Sesi Kualifikasi, Leclerc Menabrak Tembok

Siapa sangka drama yang memang akan diharapkan terjadi pada GP Azerbaijan ini terjadi lebih cepat dibanding dugaan sebelumnnya. Drama sudah terjadi dari awal latihan bebas dengan ditiadakannya latihan bebas pertama dikarenakan adanya permasalahan dengan lintasan Baku itu sendiri yang dinilai tidak aman saat itu. Lalu latihan bebas kedua drama kembali terjadi ketika dua pembalap menabrak tembok pembatas lintasan, kedua pembalap itu adalah Danill Kvyat dan Lance Stroll.

Dan memang drama di Baku tidak cukup disitu, saat sesi kualifikasi saja kembali terjadi drama-drama yang dihasilkan oleh lintasan jalan raya ini. Robert Kubica pembalap veteran asal Polandia ini menabrak tembok pembatas lintasan pada saat sesi Q1. Selain membuat keluarnya bendera merah, itu juga membuat Robert Kubica harus puas memulai balapan besok di posisi buncit atau juru kunci.

Charles Leclerc menabrak tembok saat sesi kualifikasi
Charles Leclerc menabrak tembok saat sesi kualifikasi
Namun hal yang paling mengejutkan datang di sesi Q2. Pembalap Ferrari asal Monako yaitu Charles Leclerc membuat kesalahan dengan menabrak tembok pembatas. 

Sangat mengejutkan mengingat Leclerc adalah salah satu pembalap elit yang dilihat dari hasil latihan bebas sebelumnya mempunyai kesempatan besar untuk bisa meraih pole position saat sesi kualifikasi berlangsung. 

Akibat kesalahan yang Leclerc buat ini, dia harus puas memulai balapan besok dari posisi ke 10.

Dimanakah Penonton Indonesia Bisa Menonton Balapan F1 GP Azerbaijan?

Untuk para penyuka ajang balap jet darat di Indonesia, jangan bersedih jika kita tidak bisa menonton balapan F1 ini dari channel-channel tv gratis yang ada di Indonesia. Karena kita masih bisa menyaksikannya dari salah satu channel di TV Kabel maupun Streaming. Berikut daftar channel tv kabel maupun streaming yang bisa kita tonton.

TV Kabel Channel    : FOXSPORTS ASIA

Streaming Channel : SkySportsF1 dan F1 TV

Race Start                    : 20.10 WIB

Semoga ini bisa membantu, dan selamat untuk Valtteri Bottas!

VIDEO PILIHAN