Mohon tunggu...
Rayhan Ahmad Ridha
Rayhan Ahmad Ridha Mohon Tunggu... Mahasiswa

Suka belajar hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Membangun Personal Branding yang Kuat Melalui Passion sebagai Pengusaha di Masa Depan

27 September 2025   23:39 Diperbarui: 27 September 2025   23:39 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam dunia bisnis, personal branding merupakan salah satu hal yang paling penting dalam membangun karir seorang pengusaha. Dengan memiliki citra diri yang baik, akan ada banyak peluang menguntungkan yang berdatangan, seperti menjalin relasi, menemukan rekan bisnis, maupun meningkatkan kepercayaan publik. Salah satu contoh yang nyata yaitu dr. Tirta, yang awalnya berprofesi sebagai dokter, namun berhasil dalam membanugn personal brandingnya melalui konten-konten yang ia unggah di sosial media dan akhirnya sekarang menjadi pebisnis sukses.

Contoh itu menunjukkan bahwa personal branding bisa dibangun tidak hanya bagi tokoh publik saja, tetapi juga dapat dibangun oleh semua orang yang memiliki passion sebagai pebisnis. Lalu, bagiamana cara membangun personal branding yang efektif? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan.

1. Kenali Kelebihan yang Dimiliki

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah kenali diri kita lebih dalam lagi. Carilah kelebihan dari kita yang bisa kita tampilkan kepada orang lain. Semua orang memiliki bakat, keahlian, dan kelebihan diri, seorang pengusaha dapat menentukan citra apa yang ingin ditampilkan ke publik.

2. Menentukan Tujuan dan Audiens

Seorang pengusaha perlu memiliki tujuan yang jelas dalam rencana usahanya.  Misalnya untuk memperluas jaringan, meningkatkan kepercayaan konsumen, atau menarik investor. Selain itu, mengetahui target audiens akan membantu dalam Menyusun strategi dalam berusaha.

3. Manfaatkan Media Sosial

Di era digital sekarang, media sosial merupakan saran utama dalam membangun personal branding. Melalui berbagai platform seperti, LinkedIn, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, dan sebagainya. Seorang pengusaha dapat mengunggah  konten tentang bidang usahanya. Konten yang kreatif, informatif dan bermanfaat akan memperkuat personal branding seorang pengusaha.

4. Tunjukkan Passion Dalam Usaha yang Dijalankan

Passion dalam menjalankan usaha tertentu menjadi salah satu hal penting untuk membangun personal branding. Ketika seseorang benar-benar menyukai apa yang ia lakukan, hal itu akan terlihat dari semangatnya, konsistensinya dan hasil dari hal yang ia sukai. Dengan adanya passion, personal branding akan terasa lebih nyata karena orang dapat merasakan energi positif yang ditunjukkan.

5. Networking

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun