Mohon tunggu...
Giancarlo Rondonuwu
Giancarlo Rondonuwu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Dampak yang Timbul dari Game

28 Oktober 2021   09:56 Diperbarui: 28 Oktober 2021   10:03 119 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saat pandemi seperti ini, game menjadi salah satu hiburan di saat orang - orang mulai jenuh di rumah. Seiring dengan berkembangnya, game kini menjadi hobi yang di lakukan hampir semua orang. Dengan bermain game memang bisa membuat terhibur dan menghilangkan stress. Tetapi jika game yang di mainkan terlalu susah sehingga tak dapat di selesaikan, itu juga bisa membuat orang menjadi semakin stress. Game memang memiliki dampak positif dan negatif tergantung bagaimana cara kita memainkannya, berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari bermain game:

DAMPAK POSITIF

1. Menambah Teman

Dalam game online saat ini sudah terdapat cara agar para gamers bisa saling berkomunikasi secara langsung. Beberapa game online telah menyediakan fitur seperti chat bahkan voice, sehingga membuat para gamers bisa saling berkomunikasi meskipun tidak saling kenal. Dari cara itulah para gamers bisa menambah pertemanan melalui game.

2. Merasakan Hal Baru

Dengan berkembangnya game saat ini, beberapa game membuat para gamers bisa merasakan hal yang nyata hanya dengan bermain game. Seperti permainan simulasi mobil yang membuat para gamers merasa seolah - olah sedang membawa mobil sendiri, atau game survival yang membuat para gamers harus bertahan hidup dengan peralatan seadanya untuk melanjutkan game.

3. Mengasah otak

Selain menghibur game juga bisa mengasah otak. Dalam beberapa game memiliki teka - teki untuk bisa lanjut, dalam keadaan seperti ini gamers di haruskan berpikir sekreativ mungkin agar bisa menyelesaikan teka - teki tersebut. Atau game strategi yang membuat para gamers harus memikirkan strategi secermat mungkin untuk menang melawan strategi musuh. Para gamers harus berpikir secara tepat agar bisa menyelesaikan game yang mereka mainkan.

4. Belajar Bahasa Asing

Game yang sering di maikan saat ini menggunakan bahasa asing contohnya bahasa inggris. Maka dari itu para gamers secara tidak langsung terbiasa sehingga bisa mengerti bahasa asing.


DAMPAK NEGATIF

1. Menjadi Kecanduan

Kecanduan dalam game berbeda dengan kecanduan narkoba. Kecanduan dalam game membuat para gamers menjadi tidak bisa lepas dari game atau bermain sampai lupa waktu. sehingga dapat merugikan karena banyak waktu yang terbuang percuma karena bermain game

2. Mata Menjadi Rusak

Sudah menjadi hal umum jika bermain game secara berlebihan dapat membuat mata menjadi rusak. Karena layar monitor memancarkan radiasi, sehingga jika terlalu lama bermain bisa membuat mata menjadi perih, lelah, bahkan penglihatan menjadi buram.

3. Boros

Dalam kasus ini, sudah banyak yang terjadi, karena fitur top dalam game. Ada beberapa hal seperti Outfit dan karakter yang tidak bisa di dapatkan secara gratis, dan harus membelinya dengan top up atau uang asli. Karena itulah para gamers menghamburkan uang untuk game yang seharusnya tidak perlu.

4. Tidak Menjaga Kesehatan Dan Kebersihan

Dalam kasus ini banyak yang terjadi, di karenakan sibuk bermain game beberapa gamers menjadi lupa makan bahkan lupa tidur, dan juga karena terlalu sibuk bermain game para gamers menjadi tidak peduli dengan kebersihan di sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan gamers menjadi sakit bahkan masuk rumah sakit karena tidak menjaga kesehatan dan kebersihan. 


Game memang menjadi salah satu hiburan di saat pandemi seperti ini. Cukup bermain game seperlunya dan jangan sampai berlebihan, agar bisa meminimalisir dampak negatif dari bermain game.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan